Tips Singkat Membangun Rumah Sederhana Dengan Dana Terbatas

Diposting pada
membangun rumah murah
Membangun Rumah Kecil

Salah satu investasi terbesar dalam hidup adalah rumah. Membangun rumah sendiri adalah pilihan terbaik, daripada harus mencari rumah siap huni yang membuat Anda harus menelan ludah ketika melihat harganya. Beberapa developer bekerjasama dengan bank juga menyediakan kredit rumah murah, akan tetapi hal ini cukup memberikan beban dalam beberapa tahun ke depan.

Ketika membicarakan rumah, maka ada persepsi yang harus diperbaiki. Ya, banyak orang memimpikan membangun rumah yang mewah, lantai bertingkat, dan lainnya. Hal itu bagus jika diniatkan sebagai investasi. Akan tetapi, jika Anda memiliki dana terbatas, maka akan lebih baik membuat rumah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, perencanaan yang matang akan membantu Anda membuat rumah dengan dana terbatas. Nah, bagaimana caranya? Berikut informasinya.

1. Rencanakan Sebaik Mungkin

Kaidah pertama ketika ingin membangun rumah adalah konsep yang matang. Anda ingin rumah yang nyaman. Maka, Anda harus mempertimbangkan berapa dana untuk mencapai tujuan tersebut, berapa ukuran rumah yang ideal menurut Anda dan bagaimana agar rumah tersebut nyaman untuk seluruh keluarga. Bahkan, Anda juga harus membuat target kapan rumah tersebut rampung digarap.

Perencanaan-perencanaan inilah yang nanti akan menjadi pedoman Anda. Ingat, jika perencanaan tidak sesuai dengan target yang ditentukan, maka Anda harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk membayar pekerja. Jika Anda mempercayakan pada jasa tertentu, pastikan bahwa jasa tersebut kredibel dan profesional.

2. Menabung di Toko Material

Pada beberapa toko material biasanya terdapat fasilitas menabung material. Skema ini adalah Anda membeli bahan material dalam waktu beberapa bulan sebelum pelaksanaan pembangunan tetapi anda tidak langsung mengambilnya. Anda akan ambil material tersebut pada hari H dibutuhkan saat pelaksanaan.

Jika Anda berniat menabung untuk pembangunan rumah, dibandingkan Anda  mengumpulkan uang di bank yang itu tidak mampu mengimbangi kenaikan harga material, lebih baik Anda belikan langsung ke toko material langganan untuk ditabung berupa bahan bangunan. Tetapi sebelumnya Anda harus pastikan toko bangunan tersebut terpercaya.

3.Membuat RAB

RAB atau Rencana Anggaran Biaya adalah pembukuan yang memuat segala hal penting dalam pembangunan rumah. Misalnya, volume pekerjaan, harga material bangunan, upah pekerja dan lainnya didalam rancangan tersebut. Tujuannya adalah untuk membantu menekan biaya pembangunan rumah. Hal ini penting supaya ketika membangun rumah, tetap sesuai dengan budget yang sudah Anda rencanakan.

3. Memakai Jasa Arsitek

Jasa arsitek adalah kunci utama agar proyek membangun rumah bisa berhasil. Arsitek tidak hanya membuat desain fasad atau tampilan luar rumah Anda, tetapi juga membuat desain masing-masing ruangan, membuat blueprint, membuat desain instalasi listrik, dan masih banyak lagi.

Banyak orang sudah mundur dulu ketika mendengar jasa arsitek karena membayangkan harganya yang fantastis. Namun, arsitek akan sangat membantu perencanaan Anda, bahkan dapat mengurus IMB.

Jika Anda tidak ingin menggunakan jasa arsitek, mau tidak mau Anda harus membuka berbagai majalah desain rumah atau buka internet. Belum lagi tidak adanya pengalaman pada bidang tersebut dapat menambah resiko kesalahan desain atau struktur yang tidak sempurna, sehingga Anda harus mengeluarkan biaya lagi.

Meskipun membangun rumah disarankan menggunakan jasa arsitek, hal ini berbeda jika Anda ingin merenovasi rumah. Misalnya, renovasi kamar mandi, mengganti atap rumah dan merubah penampilan area dapur Anda adalah beberapa contoh bahwa Anda bisa melakukan pertimbangan sendiri tanpa jasa arsitek.

Akan tetapi, hasilnya akan sesuai harapan jika Anda mengkomunikasikan keinginan Anda dan mengkontrol hasil kerja para kontraktor atau pemborong supaya renovasi di rumah Anda berjalan lancar.

4. Pilihlah Desain Minimalis

Rumah tipe minimalis adalah pilihan ideal untuk dana terbatas. Sebab, tipe ini memiliki desain yang lebih efisien, termasuk dalam penggunaan material bangunan tanpa harus kehilangan kesan modern dan mewahnya. Desain tipe minimalis bisa Anda temukan di tangan-tangan arsitek yang sesuai pilihan Anda.

5. Buatlah Rumah Tumbuh 2 Lantai

Jika Anda ingin membuat rumah dua lantai dengan dana terbatas, Anda bisa melakukannya dengan membangun secara bertahap atau dikenal dengan istilah rumah tumbuh. Jika Anda memakai jasa arsitek maka Anda wajib menyampaikan bahwa proses pembangunan rumah akan bertumbuh. Agar Arsitek membuatkan gambar kerja dengan penyesuaian pelaksanaan yang bertumbuh.

Segera selesaikan pembangunan tahap satu, kemudian kembali mengumpulkan biaya pembanguan. Lanjutkan pada pembangunan tahap 2 tanpa ada pekerjaan bongkar pasang pada pembangunan tahap I yang memakan biaya besar. Dengan gambar kerja yang matang menyesuaikan pembangunan rumah tumbuh akan mengefektifkan anggaran.

6. Uruslah IMB Serta SPPT-PBB

Ketika membangun rumah, sudah wajib hukumnya untuk mengurus IMB dan SPPT-PBB. IMB atau Izin Mendirikan Bangunan adalah dokumen penting sebagai landasan hukum bahwa Anda mendirikan rumah sesuai dengan persyaratan rumah yang baik dan benar dan sesuai perundang-undangan.

Sedangkan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi Dan Bangunan (SPPT-PBB) adalah dokumen untuk memastikan bahwa Anda mendirikan bangunan diatas tanah yang jelas milik Anda dan tanda tanah tersebut sudah dibayar pajaknya.

7. Pakailah Sistem Upah Borongan

Sistem upah borongan adalah membayar tukang dengan hitungan volume pekerjaan. Artinya pemborong/tukang dibayar dengan kewajiban menyelesaikan beberapa jenis pekerjaan sesuai dengan yang disepakati di awal. Sistem borongan akan mengikat harga tenaga kerja sehingga tidak terjadi pembengkakan biaya akibat ketedoran tukang/kenek,   terlambatnya waktu pengerjaan akibat cuaca.

Memang dalam sistem borongan Anda membutuhkan pengetahuan ekstra dalam memperkirakan harga borongan yang disepakati. Jangan sampai kemahalan sehingga Anda dirugikan atau terlalu murah sehingga pemborong kabur sebelum menyelesaikan  kewajiban volume pekerjaannya. Perkiraan harga borongan tenaga kerja saat ini awal tahun 2018 adalah 900rb/m2 lantai rumah.

Kelemahan sistem upah borongan yang lain adalah membutuhkan pengawasan lapangan yang lebih intensif dari Anda pemilik bangunan  dibandingkan upah harian. Hal ini dikarenakan pemborong dan tukang mengejar kecepatan bekerja agar dia juga tidak sampai melebihi budget anggaran upah yang sudah dia perhitungkan.

Tenaga kerja borongan terkadang menyebabkan kualitas pekerjaan menurun. Tugas Anda adalah menegur tukang jika pekerjaannya tidak sesuai dengan kualitas yang disepakati.

8. Perhatikan Ketika Belanja Bangunan Sendiri

Akan lebih hemat jika Anda belanja material bangunan sendiri. Kemudian, cari harga yang lebih murah dibandingkan toko bangunan yang lain. Sehingga, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Jangan merasa malu jika harus keluar-masuk toko bangunan hanya untuk tanya harga bahan bangunan dengan kualitas lebih tinggi tapi harga lebih murah.

Kemudian, akan lebih baik jika Anda menggunakan bahan bangunan lokal. Misalnya, beli merk lokal termasuk pasir, hebel, dan juga besi, yang seringkali dijual dengan harga miring, tetapi kualitas tetap bersaing. Karena Anda akan belanja sendiri, pastikan Anda melakukan perhitungan dan pengukuran yang tepat.

Pastikan bahwa Anda membeli bahan material sesuai dengan kebutuhan, jangan sampai kelebihan karena hal ini hanya akan membuat pemborosan anggaran. Misalnya, jika Anda ingin beli keramik untuk lantai, maka Anda harus mengukur area tersebut.

Memilih toko bangunan yang benar juga sangat penting. Toko bangunan harus yang kredibel sebab hal inilah yang akan menjamin keberhasilan Anda dalam membangun rumah. Sangat mungkin bagi Anda untuk membeli berbagai bahan bangunan dari toko bangunan, distributor, agen dan juga supplier.

Akan lebih baik jika Anda membeli bahan-bahan bangunan di agen-agen yang besar. Selain menawarkan harga yang lebih murah, biasanya mereka mampu memberikan kualitas yang bagus. Jika ingin membeli cat dinding, harga menjadi lebih murah jika Anda membeli di supermarket bahan bangunan.

Sedangkan jika mencari kusen jendela atau pintu, carilah di toko bangunan yang tidak jauh dari tempat tinggal Anda. Sebab, kalau ada masalah dengan pemasangan kusen, Anda pun tidak mengeluarkan ongkos yang banyak untuk melakukan perbaikan.

9. Buatlah Skala Prioritas

Nah, bagaimana jika Anda ingin merenovasi hanya pada beberapa area? Jika Anda ingin melakukan renovasi pada bagian rumah Anda, pastikan mana yang lebih diutamakan. Misalnya, Anda bisa melakukan renovasi pada bagian atap atau plafon dulu dan fokus pada bagian tersebut. Dengan demikian, maka biaya pengeluaran yang diperlukan bisa Anda rencanakan secara matang untuk perbaikan area tersebut saja. Sehingga, pembangunan menjadi lebih terarah.

Karena kecenderungan Orang yang merenovasi adalah ingin sekalian-sekalian pekerjaan. yang sebelumnya tidak niat diganti karena sekalian kotor atau sekalian ada tukang diganti. Inilah yang sering menyebabkan anggaran renovasi membengkak. Disiplinlah terhadap pekerjaan yang sudah dianggarkan. Alih-alih Anggaran anda akan membengkak.

10. Gunakan Jasa Pemborong

Jika ingin menggunakan jasa pemborong, maka sebaiknya gunakan ketika hendak merenovasi rumah. Ketika menggunakan sistem borongan, pastikan Anda menyiapkan Surat Perjanjian Kontrak Kerja (SPK) sebelum memulai merenovasi rumah agar dapat melindungi Anda dari kecurangan yanga terjadi yang dilakukan oleh penyedia jasa.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan dan pertimbangkan terutama agar bisa membangun rumah dan mewujudkan impian Anda dengan dana terbatas. Hal-hal di atas jika dilaksanakan dengan baik tentu akan membantu Anda dari berbagai masalah seperti dana membengkak, hutang karena dana tidak cukup, dan mencegah pemborosan pembelian material. Hal penting tentang membangun rumah bukanlah melakukannya secepat mungkin, tetapi merencanakannya agar pembangunan bisa selesai sesuai target.

Gambar Gravatar
Saya adalah seorang ex kontraktor yang beralih menjadi penulis desain rumah untuk menyalurkan hobi dan passionnya di bidang desain dan dekorasi rumah juga untuk menyebarkan informasi dari seluruh penjuru tentang perkembangan terkini dunia desain dan dekorasi rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *