Ragam Jenis Batuan Yang Cocok Untuk Menghias Taman Anda

Diposting pada

Di zaman modern seperti sekarang, hunian tidak melulu hanya soal fungsi untuk melindungi dari panas dan hujan. Segi estetik atau keindahan juga menjadi faktor penting dalam desain rumah. Dalam beberapa dekade terakhir, batuan alam mulai sering digunakan sebagai ornamen untuk menambah keindahan sebuah hunian.

Batuan alam yang awalnya hanya digunakan sebagai pondasi atau ubin rumah, perlahan mulai diaplikasikan sebagai penghias rumah. Salah satu aplikasi batu alam yang sering ditemukan adalah sebagai pemanis pada taman rumah.

Tentu saja tidak semua batuan yang Anda temukan cocok untu menghias taman. Tekstur yang unik serta paduan warna pada batuan alam biasanya menjadi pertimbangan utama pemilihan batuan yang cocok untuk taman.

Jenis batuan juga mempengaruhi nuansa apa yang ingin ditampilkan pada taman itu sendiri. Agar lebih jelas dan tidak bingung dalam memilih batuan alam yang cocok untuk taman, berikut penulis membeberkan contoh ragam betuan beserta aplikasinya untuk taman Anda.

1.  Batuan andesit

Batuan andesit atau yang dikenal dengan nama batu templek atau batu lempeng mungkin merupakan batuan yang paling sering dipilih sebagai ornamen taman. Batuan ini merupakan jenis batu yang keras dan memiliki tingkat kerapatan tinggi.

Batu yang tercipta dari letusan vulkanik ini memiliki ciri khas warnya yang abu abu cenderung hitam. Umumnya batu lempeng digunakan untuk melapisi pagar taman.

Aplikasi batuan andesit ini yaitu untuk memberikan kesan tebing alami pada tembok atau pagar taman. Menambahkan lempengan andesit pada tembok diatas kolam dapat menjadi pilihan untuk memberikan kolam tersebut nuansa alami yang indah.

Selain pelapis tembok taman, memasang batuan andesit secara menumpang satu sama lain juga bisa jadi pilihan untuk menghias taman Anda.

2.  Batuan candi

Batuan lain yang cocok sebagai penghias taman adalah batu candi. Batuan jenis ini sangat sering Anda temukan pada taman bergaya Bali. Apabila Anda menginginkan nuansa klasik khas kerajaan atau kraton, batu ini harus ada dalam daftar belanja Anda.

Meskipun sepintas batuan ini nampak keropos dan rapuh, batu candi sebenarnya memiliki kekuatan yang cukup baik.

Batuan yang terbentuk dari lava yang membeku ini dapat anda gunakan sebagai ornamen penghias kolam. Bentuknya yang berongga memungkinkan batuan ini untuk ditumbuhi lumut sehingga akan menambah nuansa klasik taman Anda. Beberapa ornamen unik seperti arca dan patung juga banyak ditemukan dari batuan candi ini. Anda harus sering membersihkan batu candi karena batu ini mudah sekali untuk ditumbuhi lumut

3.  Batuan koral sikat

Batuan jenis ini merupakan pilihan favorit sebagai alas jalan setapak taman. Bentuknya yang kecil dan berwarna terang membuatnya diminati para perancang taman. Batu ini beragam jenisnya, ada koral putih, koral kupang, koral balian, koral flores hijau super.

Aplikasinya yang sangat mudah hanya dengan menaburkannya juga menjadikannya batuan yang cocok untuk taman. Tidak terbatas di situ, batuan ini juga dapat digunakan sebagai penghias dinding taman.

Sama seperti batu lempeng, Anda cukup menempelkannya secara acak pada tembok taman. Batuan ini memiliki warna cerah, sehingga dapat memberikan nuansa ceria pada taman Anda.

4.  Batuan pualam

Batuan pualam atau lebih dikenal sebagai marmer merupakan jenis batuan yang tergolong mewah. Betuan ini sebenarnya berasal dari batu gamping yang mengalami pemadatan karena tekanan dalam perut bumi.

Seperti dijelaskan di awal, penambahan marmer akan memberikan nuansa mewah dan eksklusif bagi taman Anda.

Kelebihan marmer adalah ia sangat mudah dibersihkan dari noda noda ringan seperti tumpahan minuman atau getah buah. Kelebihan ini tentu membuat batuan ini cocok untuk taman yang sering digunakan sebagai tempat berkumpul keluarga. S

atu hal yang seing luput dari perhatian adalah batuan jenis ini mudah tergores. Usahakan melapisi batuan ini dengan kaca atau akrilik agar tekstur dan corak uniknya tetap terjaga.

Pemilihan batuan alam yang cocok untuk taman bergantung pada nuansa apa yang ingin Anda tonjolkan dari taman Anda. Batu candi untuk tampilan klasik, hingga batu marmer untuk kesan mewah.

Beragam pilihan batuan yang cocok untuk taman diatas diharapkan dapat membantu Anda memilih batuan yang cocok. Selamat berkreasi.

Gambar Gravatar
Saya adalah seorang ex kontraktor yang beralih menjadi penulis desain rumah untuk menyalurkan hobi dan passionnya di bidang desain dan dekorasi rumah juga untuk menyebarkan informasi dari seluruh penjuru tentang perkembangan terkini dunia desain dan dekorasi rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *