Panduan Lengkap Mendesain Gaya Eklektik Di Rumah [Karakter Dan Tips Desain]

Diposting pada
interior rumah eclectic
Desain Interior Rumah Eclectic by Charly W. Karl 

Kalau Anda belum tahu tentang desain eklektik, tidak ada salahnya jika Anda meluangkan waktu beberapa saat untuk membaca ulasan kali ini. Pengertian desain eklektik bisa kita sebut sebagai pencampuran beberapa gaya desain dari beberapa periode waktu dan tempat yang berbeda, akan tetapi dikombinasikan menjadi satu.

Beberapa kalangan menyukai desain eklektik karena melambangkan kebebasan bagi pemilik rumah untuk mengekspresikan apa yang ia inginkan.

Ciri-Ciri Gaya Eklektik Bentuk Masa Lampau Yang Dikemas Lebih Indah

Setelah mengetahui apa itu desain eklektik, kini beralih ke ciri-ciri desain eklektik. Penggunaan gaya interior eklektik sempat menjadi gaya yang sering digunakan di tahun 2012 lalu. Singkat kata, gaya interior eklektik muncul di awal abad ke-20.

Jika Anda memperhatikan, di abad itu, memiliki rumah menjadi salah satu simbol kesuksesan, kemakmuran, dan kekayaan seseorang. Kian mewah rumah yang dimiliki beserta isinya, maka derajat pemilik rumah akan makin melonjak agar diakui oleh masyarakat di sekitar tempat tinggal.

Gaya eklektik cenderung mencerminkan gaya di masa lalu daripada menampilkan gaya masa depan. Tak heran jika saya sedang di dalam rumah bergaya ini, maka segala unsur seperti victorian, gothic, dan rococo tampak menghiasi.

Selain itu, acapkali gaya eklektik digunakan sebagai simbol romantisme dalam bidang arsitektur karena terdapat beberapa detail mengenai cerita sejarah. Gaya yang sering disebut sebagai maximal ini mempunyai tiga elemen eklektik interior yang wajib, yaitu eksotik-hippy, penuh seni, dan romantik-feminin.

  • Eksotik-hippy

Pernak-pernik ini digunakan untuk menghadirkan nuansa eksotik sekaligus hippy: menggunakan dipan dan melengkapinya dengan bantal yang dibordir atau disulam membuat kesan lebih tampak. Jangan lupa untuk menambahkan dekorasi berupa kain sari atau kain yang mempunyai beragam motif dengan hiasan manik-manik.

Untuk kain yang Anda gunakan sebagai pelapis sofa, silakan memilih kain yang berwarna fuchshia atau indigo. Begitu juga dengan memilih warna yang dominan warna bumi seperti Maroko atau pun motif Tiongkok yang identik dengan warna cabai merah atau hijau yang dilengkapi oleh aksen hitam.

  • Penuh Seni

Gaya eklektik adalah semua yang berkaitang tentang seni, Anda bisa menggabungkannya dengan memakai perabot rumah antik dengan desain dekonstruksi atau bisa juga asimetris. Apalagi jika Anda menambahkan hiasan dinding berupa lukisan, maka ruangan rumah akan tampak memiliki nilai seni yang tinggi.

Oh iya, saya punya saran agar Anda memberi sedikit tekstur pada bagian permukaan dinding. Untuk kain pelapis yang akan Anda gunakan, pilih karya patchwork atau karya seni yang menggabungkan beberapa motif kain atau kain perca menjadi satu kain yang utuh.

  • Romantik-feminin

Kalau Anda berkeinginan mendapatkan nuansa yang romantis sekaligus feminin, silakan menggunakan motif sulur, bunga, atau tanaman lainnya. Untuk kain pelapis yang Anda gunakan, silakan memilih kain yang berenda atau kain halus, seperti bulu angsa dan kain sutra.

Pemilihan warna amat penting: warna dominasi silakan menggunakan warna merah muda pastel kebiruan yang dikombinasikan dengan warna ungu lavender, merah stroberi atau turkoise.

Tips Gaya Interior Eklektik

Di bawah ini saya ulas beberapa tips untuk mendapatkan gaya interior eklektik.

1. Focal Point

Sewaktu Anda mengatur tata letak ruangan, Anda perlu ingat bahwa meskipun gaya eklektik merupakan gaya yang menggabungkan gaya dan periode melalui berbagai macam jenis barang tetaplah gaya ini memerlukan focal point pada ruangan. Silakan menonjolkan sesuatu yang eye catching, seperti aksen pada dinding atau item dekoratif yang mencolok.

2. Furnitur yang Fungsional

Pada pemilihan furnitur berdasarkan konsep interior eklektik tetaplah harus memiliki kriteria yang utama yaitu menghadirkan kenyamanan dan kemudahan dalam pemakaiannya. Hal ini adalah kriteria utama yang harus dipenuhi.

Seluruh item di dalam ruangan harus Anda pastikan fungsional dan praktis, tidak hanya indah semata. Maka dari itu dalam gaya eklektik Anda harus menemukan mebel antik dan modern yang saling melengkapi jika dipajang di dalam ruangan.

3. Konsisten

Anda harus tetap konsisten dalam mengaplikasikan tema ruangan, paling tidak… tidak semunya barang antik kan.. Kombinasikan dengan yang lain, ini berbeda dengan campur aduk ya.. kemudian selaraskan satu perabotan dengan perabotan yang lain.

4. Pilih Satu Warna Utama

Satu warna harus memiliki fungsi sebagai faktor pemersatu dari keseluruhan desain di rumah Anda. Anda bisa memilih warna hijau atau off white, silakan memastikan salah satu warna yang dapat menyatukan seluruh tampilan.

5. Penekanan pada Dekorasi

Pemilihan ini merupakan salah satu aturan dasar dari gaya eklektik. Silakan memilih ukiran pada furnitur kayu, kaki melengkung pada kursi, dan desain besi tempa sebagai penghias dan pelengkap interior seluruh ruangan.

6. Pola Geometris

Pattern/pola geometris dapat anda aplikasikan sebagai bidang visual pada ruangan. Pola geometris bisa ditampilkan pada wallpaper. Pola ini juga bisa diterapkan pada furnitur. Malah akan semakin menambah kesan unik dari karakteristik gaya eklektik. Kebanyakan pattern yang paling sering di pakai adalah, garis horizontal, zigzag, vertikal dan lingkaran.

7. Lantai dan Plafon

Lantai yang sering digunakan adalah lantai laminate, parket kayu solid, keramik, tegel atau ubin. Anda bisa memilih lantai yang dihiasi dengan karpet buatan India yang memiliki pola bunga.

Untuk plafond, Anda bisa membuat plafond flat satu level atau drop ceiling, up ceiling (multi-level) dengan material gypsum yang dihiasi dengan lukisan dan list profil gypsum berukir. Untuk pencahayaan, Anda bisa menggunakan lampu kristal, chandelier, atau pun lambu bergaya urban kontemporer.

8. Dinding

Menghiasi dinding dengan wallpaper, sticker, atau tirai sering digunakan sebagai unsur dekoratif ruangan. Anda juga bisa memilih sebuah lukisan dinding (mural ataupun lukisan) untuk dijadikan hiasan. Silakan memilih warna putih, abu-abu, hingga cokelat. Demi menambah hasil kontras, Anda bisa menghias salah satu dinding dengan batu bata.

9. Gaya Furnitur

Kriteria furnitur adalah fungsionalitas. Namun, Anda jangan sampai melupakan sisi estetika karena gaya eklektik menyukai furnitur vintage dengan pola kayu yang jelas, besi, ornamen bunga, dan kain bordir.

10. Aksesoris

Terdapat banyak aksesoris yang bisa Anda gunakan pada gaya eklektik, seperti lukisan orang zaman dahulu, barang-barang rumah tangga, cermin berukuran besar dengan bingkai berwarna emas, vas kristal, dan bingkai foto.

Desain Rumah Gaya Eklektik

Model rumah eklektik atau neo eklektik adalah salah satu desain arsitektur post modern. Beberapa ahli pun mencoba menyebutkan jika neo eklektik merupakan desain yang bertentangan dengan gaya desain modern dan tidak menampakkan hal-hal yang berbau modernitas.

Kesan arsitektur yang natural, tradisional adalah ciri utama bangunan eklektik. Dengan atap yang terlihat sejajar, dan garasi yang luas hingga dapat menampung dua mobil. Kesimpulannya, gaya eklektik memiliki kesan tradisional yang modern.

Contoh dan Penjelasan Gambar-Gambar Gaya Rumah Eklektik :

1. Memadukan tampilan atap berbahan kayu dan berwarna cokelat dengan karpet India berwarna merah membuat suasana di dalam ruanganmu tampak gaya eklektik.

2. Memajang lukisan di dinding—dengan cat warna putih—dipadu warna kursi dan jenis kursi yang terlihat mewah tetapi kesan eklektik tetap ada.

3. Wallpaper dinding tampak kontras dengan pemilihan lantai kayu. Namun hasil yang diberikan membuat ruanganmu tampak lebih nikmat untuk dipandang.

4. Komposisi warna rumah tema eklektik ini disesuaikan dengan aksesoris: bunga, vas, lampu, lukisan, membuat suasana di ruangan tampak ramai tapi tetap selaras.

Gambar Gravatar
Saya adalah seorang ex kontraktor yang beralih menjadi penulis desain rumah untuk menyalurkan hobi dan passionnya di bidang desain dan dekorasi rumah juga untuk menyebarkan informasi dari seluruh penjuru tentang perkembangan terkini dunia desain dan dekorasi rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *