Kamar Tidur Utama
Kamar Tidur by Richlyns Custom Homes

Panduan Desain Kamar Tidur Utama [TIPS DAN CONTOH]

Diposting pada

Oke kali ini saya akan sharing tentang panduan mendesain kamar tidur utama. Lebih tepatnya menata kamar tidur utama minimalis. Kelihatannya sederhana ya, hanya mengatur posisi tempat tidur, bench, meja rias dan furniture lainnya. Tapi ketika semua barang tersebut sudah dimasukan ke kamar, maka biasanya kita akan kesulitan menatanya.

Dibawah ini saya berbagi tentang tips mendesain kamar tidur yang bisa Anda jadikan panduan agar kamar tidur utama Anda lebih rapi :

Kamar Tidur Utama
Kamar Tidur by flegelsconstruction

1. Buatlah Sebuah Desain Sederhana

Untuk bisa memberikan kenyamanan bagi Anda, membuat sebuah desain kamar tidur yang sederhana sangatlah penting untuk dilakukan. Anda tidak perlu repot-repot membuat sebuah kamar tidur utama yang terlalu banyak aksesoris ataupun furniture. Anda hanya perlu menambahkan beberapa saja seperti jam dinding, meja, kursi ataupun lemari.

Nah, jika Anda memiliki kamar tidur utama yang tidak terlalu luas, pilihlah furniture dan aksesoris dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar ruangan tidak terkesan sempit.

2. Imajinasikan Konsep Aktifitas di Kamar Tidur

Kamar tidur adalah tempat aktifitas terakhir anda di rumah. Yang bisa mengisi kembali energi Anda untuk aktifitas esok hari. Juga ini adalah tempat paling privasi setelah kamar mandi. Maka tentukanlah konsep kamar tidur utama yang akan Anda buat. Apakah Anda ingin kamar tidur seperti di hotel? Dimana bisa banyak aktifitas dikerjakan, seperti menonton TV, membaca majalah, atau berleha-leha. Ataukah Anda hanya ingin kamar tidur sekadar tempat untuk tidur. Jadi pas masuk kamar langsung body languange Anda sdh mengarah ke tempat tidur.

Kemudian yang harus anda jawab apakah keberadaan jendela amat penting bagi Anda. Artinya Anda akan menikmati ruang luar dari dalam kamar. Atau sekadar agar ada sirkulasi udara dan cahaya saja. Hal ini akan menentukan desain kamar tidur utama ke depannya.

3. Pikirkanlah Alur Sirkulasi Yang Akan Dibentuk

Biasanya untuk kamar tidur utama memilik kamar mandi di dalam. Maka pikirkanlah alternatif – alternatif sirkulasi yang mungkin terjadi. Pastikan sirkulasi dari pintu masuk kamar tidur ke arah pintu masuk kamar mandi dalam jarak sedekat mungkin. Hal ini agar ruang yang tersedia untuk menempatkan barang – barang peralatan semakin luas. Buatlah beberapa alternatif sirkulasi. Pilih yang paling dekat.

4. Perhatikanlah Posisi Pintu Masuk dan Jendela Kamar.

Untuk kamar tidur utama biasanya terletak di sisi rumah yang memiliki akses langsung dengan ruang luar. Karena itu kamar tidur akan memiliki jendela sendiri. Pintu masuk akan mempengaruhi jalur sirkulasi. Sedangkan jendela akan mempengaruhi posisi tempat tidur. Pastikan nanti Tempat tidur tidak menempel pada sisi jendela. Karena Anda akan risih manakala aktifitas malam terlalu berdekatan dengan ruang luar. Hehehe… Jadi biasanya sisi dalam dinding yang ada jendelanya akan dipakai untuk sirkulasi.

Desain Kamar Tidur
Kamar Tidur by Kropat

5. Penempatan Tempat Tidur

Tempat tidur adalah fitur kamar tidur utama yang paling besar. Posisi tempat tidur akan menentukan posisi barang lainnya. Karena ini adalah fitur dari aktifitas utama di dalam ruang ini. Saran saya posisikan ranjang atau tempat tidur pada posisi tegak lurus dari dinding. Jangan diagonal, karena posisi diagonal akan membuat space mati di sudut – sudut ruangan.

Kemudian tempatkan headboard tempat tidur pada dinding yang berseberangan dengan pintu masuk. Hal ini maksudkan agar menguatkan fungsi ruangan. Pas kita masuk langsung dihadapkan dengan ranjang empuk yang siap mengistirahatkan kita. Juga dengan tujuan agar tidak ada sisi tempat tidur yang melintang secara visual pada saat kita membuka pintu. Walaupun mungkin tidak semua kamar tidur bisa seideal ini.

Dalam mendesain ruang tidur utama Anda juga harus memperhatikan besar ranjang yang akan Anda pilih. Jangan sampai Anda membeli ranjang dengan ukuran yang terlalu besar, hal ini sangat ditekankan bagi Anda yang memiliki ruangan terlalu kecil. Dengan ukuran ranjang yang terlalu besar malah akan memberikan kesan sempit bagi kamar utama minimalis milik Anda.

Selain itu, Anda juga harus mencocokkan model ranjang yang akan Anda beli dengan furtniture atau aksesoris yang Anda gunakan. Hal ini agar ruangan Anda terlihat lebih match dan kesan nyaman pun bisa Anda dapatkan dari sebuah kamar tidur utama dengan desain  yang sederhana namun tetap terlihat modern.

6. Pilih Warna Dinding Yang Tepat

Memiliki ruang tidur utama yang tidak terlalu luas memang membuat Anda harus berpikir lebih keras bagaimana agar bisa membuatnya tampak lebih modern dan elegan. selain dengan menggunakan beberapa cara di atas, Anda bisa menggunakan cara dengan memilih warna dinding yang tepat. Nah, Anda bisa menggunakan warna putih untuk warna dinding Anda.

Jika Anda tidak ingin menggunakan warna putih, Anda bisa menggunakan beberapa warna lainnya seperti warna pastel atau dengan mengkombinasikan warna pastel dengan warna-warna kesukaan Anda.

7. Pemilihan Nakas (meja kecil di samping tempat tidur)

Seberapa besar nakas yang Anda butuhkan? Jawabannya adalah mudah, Seberapa banyak dan besar barang yang akan Anda tempatkan di atas nakas. Misalkan, jika Anda penya kebiasaan membaca sebelum tidur, maka nakas yang ada harus bisa menampung buku, lampu dan kacamata baca dan tak lupa segelas air dan toples makanan ringan. Akan lebih baik lagi jika nakas tersebut memiliki laci dan stop kontak untuk mencharge dan menyimpan barang berharga seperti HP. Ketinggian nakas yang ideal adalah setinggi kasur atau kurang lebih 75cm.

Desain kamar Tidur Utama
Kamar Tidur by Laverne

8. Pemilihan Lampu Baca

Lampu baca yang ideal adalah lampu baca yang penerangannya tidak silau tapi cukup menerangi untuk membaca. Biasanya lampu baca memiliki rumah lampu untuk mengarahkan sinar sedkit ke samping dan full ke bawah sehingga tidak menyilaukan Anda. Patokannya adalah tinggi bola lampu setinggi dibawah mata Anda ketika Anda duduk di atas kasur (atau sekitar 50 cm diatas kasur).

Selain lampu baca yang berdiri di atas nakas, anda juga bisa memilih lampu baca yang menempel di dinding . Dan ini lebih baik karena tidak membutuhkan tempat sebagaimana halnya lampu baca yng berdiri. Kekurangan lampu baca tipe menempel (wall mounted) adalah posisi ranjang harus sudah fixed. Perubahan posisi tempat tidur akan menyulitkan pemindahan lampu tempel ini karena berkaitan dengan instalasi listrik lampu yang ditanam di dalam dinding.

9.Pemilihan Kursi

Jika Anda ingin menempatkan tempat duduk maka Anda bisa membeli bangku cinta dan meja kecilnya. Area untuk tempat duduk ini cukup kecil saja tidak usah terlalu luas. Cukup dengan 1,2×2 m Anda bisa menempatkan bangku cinta atau 2 kursi kecil dengan 1 meja. Pastikan Area tempat duduk ini menempel pada dinding yang berseberangan dengan tempat tidur. Area sekelililng tempat tidur harus kosong agar akses ke ranjang tidak terhambat.

10. Ciptakan Nuansa Yang  Anda Inginkan

Salah satu membuat kamar utama minimalis modern ialah dengan membuatnya sesuai dengan nuansa yang Anda inginkan. Jika Anda menginginkan nuansa alam, Anda mungkin bisa menambahkan beberapa gambar alam yang hijau nan asri yang akan memberikan kesan sejuk dan menenangkan.

Namun apabila Anda ingin membuatnya terkesan lebih modern Anda hanya tinggal menambahkan beberapa aksesoris serta furniture yang simple dan terkesan mewah. Namun harus diingingat, terlalu banyak menambahkan aksesoris di dalamnya justru akan membuat ruangan tidur Anda terlihat lebih sempit dan tidak akan  memberikan kesan nyaman.

Demikianlah tips singkat tentang mendesain kamar tidur utama minimalis. Itu adalah  beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat model kamar tidur utama Anda menjadI lebih modern dan nyaman tentunya. Salah satu kuncinya, Anda harus memiliki kreativitas agar mampu menciptakan sebuah ruangan yang Anda inginkan.

Semoga bermanfaat untuk Anda dan keluarga tercinta. Silahkan beri masukan, kritik dan saran yang membangun lewat kolom komentar. Setiap pertanyaan insya Allah akan saya respon sesegera mungkin.

Gambar Gravatar
Saya adalah seorang ex kontraktor yang beralih menjadi penulis desain rumah untuk menyalurkan hobi dan passionnya di bidang desain dan dekorasi rumah juga untuk menyebarkan informasi dari seluruh penjuru tentang perkembangan terkini dunia desain dan dekorasi rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *