Harga Listrik Terus Naik, Ini Dia 10 Tips Untuk Mengurangi Penggunaan Listrik Anda

Diposting pada

Disadari atau tidak, saat ini hampir seluruh kebutuhan kehidupan kita memerlukan listrik. Mulai dari pagi sampai dengan malam hari kita tergantung denga perangkat listrik. Hal ini menyebabkan kebutuhan listrik pun semakin meninggi.

Di sisi lain kebijakan pemerintah dan faktor lainnya membuat tarif listrik terus merangkak naik. Beberapa yang mengikuti perkembangan informasi, mungkin tidak akan terkejut ketika melihat tagihan listrik, namun bagaimana dengan Anda?

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tagihan listrik menjadi lebih hemat. Ya, yang perlu Anda lakukan adalah dengan merubah beberapa kebiasaan sepele yang sangat bermanfaat untuk menghemat pengeluaran Anda.

hemat listrik di rumah
Hemat Listrik Yuuk..

Kebiasaan yang bisa mengurangi konsumsi listrik di rumah :

1. Matikan Listrik Jika Tidak Digunakan

Apakah Anda sering membiarkan televisi menyala berjam-jam dan tidak melihatnya?
Apakah Anda membiarkan charger ponsel, laptop, atau alat elektronik lainnya ketika tidak digunakan?
Apakah Anda sering meng-hibernate laptop Anda?

Beberapa contoh kebiasaan tersebut memang terdengar sepele, tapi akan cukup menghemat tagihan listrik Anda jika Anda mulai mematikan apapun jika tidak digunakan. Faktanya, alat-alat elektronik yang tidak benar-benar mati, maka akan tetap mengkonsumsi listrik hingga 20%. Jika hal ini terjadi setiap hari dan Anda bisa menghentikan kebiasaan tersebut, berapa rupiah yang bisa Anda hemat? Tentu, cukup banyak.

Jika Anda menggunakan AC, sebaiknya atur timer supaya AC bisa mati secara otomatis pada jam tertentu di pagi hari.

2. Pilih Peralatan Elektronik Hemat Energi

Ada berbagai peralatan elektronik yang tersedia dengan label hemat energi. Misalnya saja, ketika Anda ingin membeli AC, pilihlah yang sudah memiliki Energy Efficient Ratio (EER) yang cukup tinggi untuk menghemat energi.

3. Perhatikan Penggunaan Kulkas

Pada kulkas, beberapa orang cenderung menutup pintu kulkas tanpa memperhatikannya. Sehingga, ketika pintu kulkas tidak tertutup rapat, maka konsumsi listrik menjadi lebih besar.

Kulkas hemat energi
Sesuaikan suhu refrigerator dengan isi

Kemudian, pastikan bahwa Anda mengatur suhu kulkas yang digunakan sesuai dengan kebutuhan. Semakin besar suhu yang Anda atur, maka semakin tinggi pula listrik yang dibutuhkan.

4. Berkomitmen Untuk Hemat Energi

Siapa bilang bahwa memiliki komitmen untuk selalu hemat energi adalah pola hidup yang rumit dan benar-benar menyusahkan? Anda bisa melakukan berbagai hal sederhana untuk menjalankan komitmen tersebut.

cara mengurangi listrik
Perhatikan konsumsi listrik bulanan

Misalnya saja, buatlah peraturan keluarga untuk selalu mematikan listrik yang sudah tidak gunakan, termasuk pada sakelar lampu, mesin cuci, TV dan lainnya. Dengan saling mengingatkan, maka kebiasaan positif ini akan berkembang di dalam keluarga Anda.

5. Periksa Alat Elektronik Anda

Alat eletronik harus benar-benar dijaga dan dirawat agar performa terbaiknya tetap bertahan. Sebab, jika alat elektronik yang Anda miliki tidak berfungsi secara baik, maka tentu membuat kinerja mesin tersebut menjadi terbebani, sehingga membutuhkan konsumsi tenaga atau listrik untuk tetap menjalankannya. Jika performa kurang bagus, bisa beresiko pula membuat kerusakan di rumah Anda.

Misalnya, jika Anda menggunakan AC bahkan hampir setiap hari, maka kotoran bisa menumpuk di dalam AC. Jika dibiarkan terus-menerus, maka AC akan bekerja lebih berat dan tagihan listrik pun bisa membengkak. Membersihkan AC secara teratur adalah penting.

Selain membersihkan AC, Anda juga harus sering melakukan service AC. Hal ini penting untuk tetap menjaga gas pendingin supaya tidak habis dan performa AC pun bisa efektif. Untuk masalah AC bocor, perbaiki segera pada pekerja profesional.

6. Perhatikan Penggunaan Mesin Cuci

Hampir setiap rumah memiliki mesin cuci karena gaya hidup yang praktis dan membutuhkan alat yang lebih mudah. Akan tetapi, sangat penting untuk tetap menggunakan mesin cuci dengan efektif. Jangan sampai Anda menggunakan mesin cuci hanya untuk mencuci dua atau tiga lembar baju saja.

Akan lebih baik jika Anda meletakkan pakaian kotor di sebuah keranjang dan kumpulkan. Kemudian gunakan mesin cuci dengan air dingin supaya Anda bisa menghemat penggunaan pemanas air.

7. Pertimbangkan Menggunakan Pengering Pakaian

Saat ini, ada banyak sekali model mesin cuci yang sudah dilengkapi dengan pengering, seperti sepaket dengan harga yang bervariatif dan terjangkau. Bahkan, beberapa apartemen juga menyediakan adanya mesin pengering pakaian sebagai fasilitas untuk kenyamanan para penghuninya. Akan tetapi, Anda tinggal di Indonesia.

Indonesia merupakan negara tropis dengan kondisi sinar matahari yang cukup efisien dan efektif untuk membuat pakaian kering. Jika cuaca sedang terik, maka akan lebih baik jika Anda menjemur pakaian tanpa menggunakan pengering. Anda bisa mencoba menjemur pakaian di balkon dengan memanfaatkan angin dan juga panas matahari.

8. Bijak Menggunakan Kipas Angin Dan AC

Menggunakan AC memang membuat Anda merasa sejuk dan nyaman, terutama ketika cuaca di luar rumah terasa begitu panas. Akan tetapi, Anda harus memperhatikan efek penggunaan AC yang ternyata dapat merusak kesehatan rambut. Ya, rambut yang terpapar AC secara terus-menerus dapat mengalami kerusakan seperti rambut bercabang. Bahkan, AC juga dapat membuat kulit tampak kering.

Jika Anda benar-benar tidak tahan dengan cuaca yang panas, maka lebih baik Anda menggunakan kipas angin. Anda juga tidak perlu menggunakan AC sehari semalam. Atau, jika angin sedang sepoi-sepoi, Anda cukup mematikan AC dan kipas angin, kemudian buka jendela untuk menikmati udara segarnya.

9. Gunakan Jendela Rumah

Berbicara tentang jendela rumah, Anda bisa memanfaatkannya untuk menghemat listrik. Saat siang hari, biarkan jendela rumah Anda terbuka. Hal ini akan sangat membantu untuk memberikan penerangan alami di rumah.

Menghemat listrik
Optimalkan Bukaan Di Rumah

Cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah tentu membuat Anda tidak perlu menyalakan lampu sepanjang hari. Cukup buka tirai dan biarkan sinar matahari masuk. Selain itu, sinar matahari yang masuk ke dalam rumah Anda akan membuat Anda merasa lebih semangat dalam menjalani aktifitas Anda seharian.

10. Pertimbangkan Penggunaan Pemanas

Pemanas air bisa dapat menambah jumlah biaya yang harus Anda keluarkan. Lain lagi ceritanya jika Anda mulai merubah untuk lebih mempertimbangkan penggunaan pemanas air dari tenaga sinar matahari.

Menghemat listrik di rumah
Pemanas Air Tenaga Surya

Ketika cuaca sedang cerah, sebaiknya Anda menggunakan air dingin untuk mandi. Selain itu, Anda juga bisa mensiasatinya dengan mandi sebelum hari gelap dengan air dingin agar Anda tidak merasa menggigil.

Nah, bagaimana? Cukup mudah bukan melakukan berbagai cara sederhana di atas? Cara-cara di atas tentu sangat efisien dan bahkan memberikan nilai yang signifikan pada total tagihan listrik Anda setiap bulannya. Jika Anda benar-benar merasa bahwa tarif listrik mencekik leher Anda, maka sebaiknya pertimbangkan berbagai hal di atas untuk Anda mulai di rumah.

Melakukan hal-hal tersebut bukan berarti Anda tidak memiliki uang untuk membayar tagihan listrik. Namun, setidaknya Anda memiliki komitmen untuk turut menjaga lingkungan, sumber daya yang ada di bumi, dan terlebih menghemat uang untuk dialokasikan pada keperluan yang lebih penting.

Mengawali semua kebiasaan di atas mungkin menurut Anda akan sedikit sulit, namun kalau tidak dicoba dari sekarang, maka Anda tidak akan pernah tahu bagaimana hasilnya untuk kebaikan Anda sendiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! Salam Rumah Asri

Gambar Gravatar
Saya adalah seorang ex kontraktor yang beralih menjadi penulis desain rumah untuk menyalurkan hobi dan passionnya di bidang desain dan dekorasi rumah juga untuk menyebarkan informasi dari seluruh penjuru tentang perkembangan terkini dunia desain dan dekorasi rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *