gaya interior rumah modern
Interior Rumah Moderen

Cara Mudah Memilih 8 Gaya Interior Rumah Sesuai Kepribadian [3 Gaya Sedang Hits]

Diposting pada

Ingin desain rumah sesuai dengan kepribadian ? Tak heran jika sebagian besar orang yang memiliki pekerjaan di luar rumah mengatakan jika rumah adalah surga dunia yang memberikan rasa aman, tenteram, nyaman, dan membahagiakan setelah mengisi waktu dengan kesibukan di kantor. Nah, Anda perlu membuat desain ruang dalam rumah Anda (interior rumah) agar waktu istirahat Anda di dalam rumah lebih nyaman dan berkualitas.

Kebanyakan orang baru bisa menikmati kenyamanan rumah pada saat memiliki rumah sendiri. Ini tidak salah tetapi ini adalah langkah awal yang berat, karena persyaratan yang dibuat agar nyaman dan bahagia dibuat seketat itu.

Padahal kenyamanan dan kebahagiaan menikmati rumah bisa dimulai saat ini juga walaupun dengan rumah sewa. Anda tinggal mensyukuri apa yang ada. Insya Allah nikmat akan ditambah dengan kehadiran rumah milik sendiri.

Gaya interior rumah
Interior Rumah Vintage

Kemudian rumah apapun yang Anda tempati, Anda tinggal mempersiapkan desain rumah sesuai dengan karakteristik dan gaya Anda sendiri. Gaya rumah yang mencerminkan karakter dan kepribadian adalah hal penting yang akan membuat hidup Anda lebih nyaman dan homy. Anda akan lebih betah untuk bercengkrama dan berinteraksi dengan anak dan pasangan hidup Anda mewujudkan rumahku syurgaku

Sewaktu merancang desain rumah, hal yang sangat penting bagi seorang arsitek maupun bagi desainer dan dekorator interior adalah memahami apa yang Anda inginkan sebagai seorang pribadi. Dan ini bisa didapatkan lewat konsultasi yang intensif. Sepertinya ungkapan ini terdengar amat klise, akan tetapi ruang di rumah haruslah mampu mewakili siapa diri Anda sebenarnya.

Di bawah ini akan saya ulas beberapa poin yang membahas tentang korelasi dekorasi ruangan dengan kepribadian dan gaya hidup Anda agar terwujud keselarasan. Yuk kita ubah setiap ruangan di rumah agar kesan ruang yang berantakan, ruang yang tidak menyenangkan, tidak bersahabat, dan jauh dari rasa nyaman kembali menjadi ruang impian yang memberikan segala yang Anda inginkan.

Menentukan pilihan gaya desain interior sesuai kepribadian Anda.

Anda tidak perlu takut lagi untuk mendapatkan beragam pilihan desain. Karena saat ini sudah ada banyak desainer yang mampu merekomendasikan diri untuk memberikan kreasi bagi ruang yang akan mewakili diri Anda. Pada desain interior rumah kekinian, saat ini kaya akan inovasi dan gagasan-gagasan baru.

Saat dahulu sebelum desain interior berkembang. kita hanya mengenal gaya interior klasik, tradisional, modern, kontemporer dan minimalis. Seiring berjalannya waktu tema desain interior pun semakin berkembang. Saat ini dikenal tema desain industrialis, scandinavian, shabby chic dan millenial pink. Kedepannya akan ada tema interior yang baru sesua dengan perkembangan jaman. Saya akan ulas di paragraph selanjutnya masing-masing kelebihan gaya interior

1. Gaya Interior Rumah Klasik

interior rumah klasik
gaya interior klasik

Nilai desain interior gaya klasik adalah keseimbangan, keharmonisan dan keteraturan yang sempurna. Ciri khas interior gaya klasik biasanya berupa detail list dan sudut yang memakai profil/ukiran ramai tetapi rapih. Selain itu banyak bentuk-bentuk yang memakai ukuran besar, seperti tangga, sofa dan furniture, lukisan dan obyek lainnya.

Tema interior klasik terinspirasi dari desain bangunan jaman yunani dan romawi kuno. Yang identik dengan nuansa kerajaan dengan segala kemewahan dan kedominannya. gaya ini biasanya dipakai pada rumah keluarga kelas menengah ke atas. Sehingga gaya ini juga diidentikkan dengan kemapanan dan kemewahan.

Bagi Anda yang berkepribadian formal, berwibawa dan kondisi mapan cocok menggunakan gaya klaisk untuk interior rumah Anda. Biasanya gaya tema klasik ini juga disenangi oleh orang yang berprofesi sebagai pengacara, hakim atau penegak hukum. Yang identik dengan kehormatan, kewibawaan dan kemapanan yang mumpuni.

2. Konsep Desain Interior Tradisional

interior rumah klasik
konsep interior klasik

Gaya Interior tradisional berkebalikan dengan konsep klasik. Gaya tradisional memperlihatkan karakter ketenangan, kebersahajaan dan keteraturan seperti di alam. Tidak ada atau sedikit sekali Anda akan melihat elemen interior yang terlihat wah dalam penataannya. Malahan tema ini identik dengan elemen jadul atau old fashioned.Desain tradisional dapat Anda lihat dalam rumah-rumah di kampung yang masih menjaga adat dan budayanya.

Ciri khas desain tradisional adalah kehadiran elemen interior seperti furniture yang terbuat dari kayu, dinding dari bata ekspose atau batu alam dan artwork berupa ukiran kayu.

Bagi Anda yang berkepribadian bersahaja, rendah hati, introvert dan tidak suka terekspose kehidupannya, suka menjaga nilai-nilai sosial dan budaya sepertinya cocok dengan gaya ini.  Profesi seniman, budayawan dan tokoh masyarakat adat sangat cocok memakai gaya ini.Apakah gaya ini identik dengan ketinggalan jaman? tentu tidak. Anda bisa mensiasati agar tetap kekinian misalkan dengan permainan warna terang dan muda, atau elemen kekinian tetapi tidak menonjol seperti.

3. Gaya Desain Interior Modern

gaya interior rumah modern
Interior Rumah Moderen

Desain Interior Modern bermula sekitar tahun 1920an yang mengacu pada gaya populer ‘mid century-modern’. Gaya modern mempunyai karakter tampilan ruangan yang bersih cling, rapi tersusun dan sedikit dekorasi ornamental atau hiasan.

Ciri khas gaya ini adalah penggunaan material elemen dan furniture pada interior yang berkesan modern seperti unsur logam, linen, kayu dan kulit yang gloss. Bagi Anda yang berkarakter modern, senang dengan kemewahan modern, terbuka pada nilai-nilai baru mungkin cocok dengan gaya ini.

4. Gaya Desain Interior Kontemporer

gaya interior rumah
Interior Rumah Kontemporer

Desain interior rumah ko0ntemporer mirip-mirip dengan gaya desain modern Kalau modern lebih mengacu pada satu masa, sedangkan gaya kontemporer mengacu pada desain yang terus berkembang kekinian.Interior kontemporer adalah tren penataan interior kekinian yang dibuat oleh beberapa desainer dan dekorator untuk menciptakan suasana trend kekinian.

Ciri khas furnitur kontemporer adalah “clean lines” dan rapi pada setiap elemen. Dan ini adalah elemen dan unsur yang diperhatikan pada tema kontemporer.Untuk Anda yang berkepribadian terbuka, senang mengikuti perkembangan teknologi, dan senang bereksplorasi mungkin gaya interior ini cocok diterpakan di rumah Anda.

5. Konsep Gaya Desain Interior Minimalis

gaya interior rumah
Interior Rumah Minimalis

Konsep Interior rumah minimalis adalah simpel, sederhana tetapi dinamis. Konsep interior ini banyak dipakai di rumah-rumah modern yang hadi di perumahan menengah saat ini.Desain ini adalah kebalikan dari desain klasik yang “berat” karena minimalis justru menghindari dekorasi yang berlebihan. Interior menekankan pada fungsi, “Less is more”.

Desain minimalis akan membuat penampilan ruangan rumah Anda sederhana dalam bentuknya, namun maksimal dalam fungsinya. Dibalik simpel dan kesederhanaannya desain ini tetap memiliki aspek estetika, walaupun sedikit dalam penggunaan unsur dan elemen hiasan.

Penataan furniture minimalis yang terlihat sederhana dan simple akan membuat desain yang simetris pada ruangan. Hal ini  membuat suasana dan nuansa ruang tampak sangat dinamis.

Interior minimalis cocok untuk orang yang berkepribadian easy going tidak mau terikat pada hal yang remeh temeh dan tidak mau terlalu repot mengurus rumah. Hal ini biasa melanda pada kaum pekerja menengah yang sudah disibukkan oleh pekerjaan di kantor, sehingga curahan energi untuk mengurus rumah sudah berkurang.

6. Konsep Interior Industrialis

konsep interior rumah
Interior Rumah Industrialis foto by Andyrahman Architect

Pada awalnya konsep industrialis adalah sebuah kebutuhan di dataran eropa untuk mengubah bangunan eks pabrik menjadi hunian rumah. Perubahan yang terjadi dibuat seoptimal mungkin agar bangunan menjadi nyaman untuk dihuni manusia.Saat ini tema industrialis pada interior sedang hits. Terutama dikalangan keluarga muda perkotaan. Kebiasaan nongkrong di kafe dengan penataan interior industrialis yang homy, kekinian dan tenang membuat mereka berfikir untuk menerapkannya juga ke dalam rumah.

Ciri khas rumah dengan interior bergaya industrial adalah mengekspos material asli dari bidang bangunan. Mulai dari balok dan kolom yang diekspos asli “polished concrete”, dinding bata ekspos atau bata langsung dicat tanpa plester aci. Terkadang untuk shaft atau jalur pemipaan electrical diekspos membentuk elemen ornamental yang unik dan indah dipandang

Lantai flooring semen aci polished. Langit-langit terbuka tanpa plafond terkadang permukaan dak yang unfinished. Pada furniture kekhasan tema industrialis adalah penerapan perpaduan elemen kayu sebagai alas dan sandaran dengan logam sebagai rangka furnitur pada kursi dan meja.

Gaya industrialis ini cocok untuk Anda yang berjiwa muda dan kekinian, suka menikmati suasana rumah. Tetapi yang harus diperhatikan adalah gaya interior ini kurang pas untuk keluarga yang memiliki balita. Hal ini disebabkan material kasar yang terekspos pada furniture dan bidang rumah kurang ramah anak. Kecuali Anda memberikan ekstra finishing pada material kasar tersebut.

7. Konsep Interior Scandinavian

interior rumah
Interior Rumah Scandinavian foto instagram by blogsachi

Desain interior scandinavian berawal dari dataran eropa nordic (bagian utara) Swedia, Norwegia, Denmark, Finlandia dan Islandia. Desain ini meng optimalkan penataan interior yang sederhana dengan ornamental secukupnya atau tidak berlebihan. Bukaan kaca lebar untuk memaksimalkan penerangan alami lewat cahaya matahari sangat diperhatikan untuk menimbulkan suasana hangat dan nyaman.

Kekhasan yang menonjol dari dekorasi interior skandinavia adalah pada furniturnya. Furniture scandinavia terkenal dengan produknya yang mengedepankan fungsi, bentuknya yang simple dan tahan lama dengan harga yang efisien. Fungsionalitas sangat ditekankan pada produk furniturnya. Apalagi dengan dibukanya gerai penjualan IKEA di Indonesia membuat furniture skandinavia semakin terkenal dan ngehits di kalangan keluarga modern.

Untuk Anda yang senang beristirahat di rumah dan menyenangi suasana rumah dengan warna-warna datar agar mata bisa beristirahat dengan optimal. Sepertinya cocok menggunakan gaya ini. Apalagi kalau Anda sudah berkeluarga dan mempunyai anak balita cocok dengan furnitur skandinavia yang tidak membahayakan anak-anak (ramah anak)

8. Desain Interior Shabby Chic

interior rumah shabby chic
Interior Rumah Shabby Chic foto Instagram by Mba Nisa

Interior rumah shabby chic pada awalnya berkembang di negara Inggris dengan suasana perkampungan inggris yang asri. Gaya ini termasuk ke dalam gaya vintage(gaya jaman dahulu), tetapi lebih menghadirkan suasana yang lembut dan feminin.

Gaya shabby chic berusaha menyajikan suasana di rumah nenek di kampung halaman (pedesaan) dengan banyaknya ornamen bunga-bungaan dan renda dipadu dengan warna-warna lembut. Tentu saja penggemar dari gaya desain ini mayoritas adalah kaum hawa. Kesan yang ingin ditampilkan adalah kebersamaan dan keromantisan di dalam keluarga. Pilihan furnitur pada interior Shabby Chic memakai furnitur lawas yang terlihat bekas pemakaiannya (tidak terlihat baru)

Untuk Anda kaum hawa yang menyenangi interior feminim dengan banyaknya bunga-bunga renda dan kombinasi warna pastel, sepertinya cocok menggunakan gaya ini. Apalagi jika Anda sebagai ibu rumah tangga yang mempunyai keluangan waktu yang banyak untuk dekorasi rumah. tentunya ingin mempersiapkan kedatangan suami dengan tampilan rumah yang memanjakan mata.

Itulah delapan gaya interior rumah yang bisa Anda pakai untuk mendekorasi interior rumah kesayangan Anda. Di dalam dunia desain interior, tiap tren dekorasi adalah perwakilan dari setiap generasi yang berbeda. Setiap konsep gagasan desain memiliki perbedaan dalam pendekatan rancangan dan pengaplikasiannya. Sehingga semua pilihan desain adalah subyektif dan baik.

Yang harus diperhatikan adalah apakah pemilihan gaya interior rumah cocok dengan gaya keseharian.  Oleh karena itu setiap hasil rancangan interior selalu memiliki ciri khas dari setiap pemilik rumah. Dengan banyaknya pilihan gaya desain, para desainer mencoba untuk menuangkan setiap kemungkinan agar  mendapatkan dan menciptakan sebuah desain yang orisinal dan owner banget.

Preferensi pribadi tentu menjadi alasan mengapa setiap orang bisa mempunyai perbedaan selera dan keinginan soal desain. Oleh karena itu, mendesain dan mendekorasi rumah Anda merupakan cerminan apa dan siapa Anda. Selamat berimajinasi mencari gaya interior rumah terbaik untuk Anda dan keluarga. Salam rumah asri

 

Gambar Gravatar
Saya adalah seorang ex kontraktor yang beralih menjadi penulis desain rumah untuk menyalurkan hobi dan passionnya di bidang desain dan dekorasi rumah juga untuk menyebarkan informasi dari seluruh penjuru tentang perkembangan terkini dunia desain dan dekorasi rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *