8 Panduan Lengkap Dekorasi Scandinavian Yang Lagi Ngehits di Interior Rumah Anda

Diposting pada

Terdapat berbagai macam tema desain interior rumah. Tidak ada salahnya Anda memilih dekorasi Scandinavian. Jika tertarik untuk mencoba mengaplikasikan model rumah Scandinavian pada hunian, saya persilakan membaca ulasan kali ini.

Apa itu Dekorasi Scandinavian? Yuk mari mengenal lebih jauh.

rumah scandinavian
ig : @blogsachi

Desain Interior Skandinavia muncul pada tahun 1950-an. Pada sebuah pameran arsitektur, diperkenalkanlah desain interior rakyat skandinavia (denmark, norwegia, swedia, finlandia dan Islandia) dengan gaya desainnya yang sederhana dan elegan. Kemudian desain ini diterima oleh masyarakat dan mulai populer pada tahun 1970an di Amerika dan Eropa.

Saat ini gaya dekorasi skandinavia semakin dikenal luas. Selain oleh orang Eropa dan Amerika, publik di Indonesia pun menyambutnya. Sepertinya desain ini mulai populer tahun 2016 dan saat ini sedang ngehits atau populer dipakai oleh keluarga-keluarga muda.

Hal ini tidak mengherankan karena kekhasan desain scandinavian, yaitu sederhana, bersih, fungsional, selalu terinspirasi dari alam sebagai bentuk adaptasi terhadap iklim Nordik (iklim bumi belahan eropa utara).

Karena di Iklim Nordik terdapat bulan dimana musim salju yang lama. Maka berpengaruh terhadap gaya interiornya, seperti bukaan kaca yang lebar supaya banyak sinar matahari yang masuk ke ruangan. Selain itu sebagai bentuk adaptasi terhadap musim salju maka desain skandinavia selalu menghadirkan elemen tanaman hidup ke dalam ruangan agar selalu dekat dengan tanaman yang segar. Sementara diluar ruangan, tanaman di ruang publik semuanya membeku.

Kembali ke konsep scandinavian sebagai gaya dekorasi ruangan maka gaya desain interior scandinavian akan menampilkan kesan yang bersih, sederhana tapi tetap berkelas dan elegan.
Bagi Anda yang memiliki hunian berukuran mungil, saya sarankan untuk mencoba gaya desain Scandinavian ini, karena dapat memberikan kesan luas dan unik pada ruangan rumah.

Beberapa orang sangat menyukai desain Scandinavian karena dapat memunculkan kesan yang simpel dan bersih. Dari skema warnanya yang didominasi oleh warna putih yang diselingi oleh warna harmoni lainnya seperti abu-abu, biru muda dan krem menjadikan interior rumah memiliki efek visual yang lembut, bersih dan lapang.

Mengenai line pada desain Skandinanvian cenderung lebih mengarah pada gaya kontemporer, minimalis dengan sentuhan monokrom modern sehingga ruangan terlihat lebih estetik dan futuristik.

Ciri Khas Desain Rumah Minimalis Scandinavian

Di bawah ini adalah ciri khas atau karakteristik dekorasi Scandinavian yang dapat Anda aplikasikan di interior rumah Anda :

1. Sentuhan Warna Monokrom

ruang tamu scandinavian
ig : @blogsachi

Dalam dekorasi rumah minimalis scandinavian, untuk membantu memunculkan kesan luas dan monokrom tersebut Anda dapat mengaplikasikan warna putih atau warna abu-abu pada dinding rumah, lantai dan plafond hunian Anda.

Palet warna yang biasa dipakai adalah : Putih, abu-abu, biru muda, krem dan cokelat muda. Pemilihan warna netral putih dan warna dingin seperti abu-abu membuat nuansa yang ditimbulkan adalah bersih dan lapang.

2. Mengurangi Warna Cerah

Berkebalikan dengan point 1 pada ciri khas kedua adalah meminimalisir warna-warna cerah dalam ruangan. Hal ini agar tercipta ambience warna harmonis di ruangan. Tetapi perkembangan sekarang kadang sering ditambahkan aksen warna biru pastel dan krem agar menjadi lebih hangat tetapi ini pun pada pemilihan warna furniture.

Untuk pemilihan warna ala Scandinavian Anda hanya perlu memilih warna netral dan dingin seperti putih, abu-abu, biru atau hitam untuk perabotan rumah. Selain untuk meminimalisir budget, desain Scandinavian ini sangatlah mengedepankan efisiensi. Penataan furnitur dengan warna yang tidak terlalu beragam dimaksudkan agar ruangan tetap terlihat praktis dan tidak berantakan.

3. Meminimalisir Motif

interior rumah scandinavian
ig : @blogsachi

Prinsip utama yang digunakan dalam gaya rumah Scandinavian adalah “Less is more” Dalam hal pemilihan motif di interior artinya Anda harus bisa meminimalisir penggunaan motif yang diterapkan pada dekorasi ruangan. Motif seperti motif floral atau gliterry sebaiknya dihindari.

Saya sarankan lebih baik Anda memilih motif asimetris, geometris, stripes ataupun herringbone yang terkesan simpel namun tetap artistik.

4. Gaya Eclectic dan Elemen Kayu

Kayu selalu menjadi primadona dalam pemilihan bahan furnitur agar dapat memunculkan kesan eclectic pada ruangan. Aplikasikan juga warna putih pada dinding agar lebih menonjolkan pajangan yang sengaja dibiarkan terpasang terbuka di dinding. Simpel, namun tetap dekoratif, kan?

5. Penggunaan Furniture Yang Sederhana Tetapi Tetap Fungsional

Penempatan furnitur dan dekorasi sangatlah berpengaruh untuk memberi kesan bersih, segar dan luas pada ruangan Anda. Terkadang Anda pasti ingin menaruh banyak furniture dalam ruangan.

Padahal prinsip less is more juga berlaku di pemilihan perabotan rumah. Semakin sedikit furniture semakin baik. Desain ini akan menyisakan banyak ruang-ruang kosong tanpa furniture yang disanalah kesan lapang akan menguat.

6. Pemanfaatan Jendela Kaca Yang Besar

Berawal dari iklim nordik tempat asal skandinavia yang minim musim panasnya, Maka kekhasan gaya skandinavia adalah adanya kaca-kaca besar di sisi ruangan dengan maksud agar cahaya matahari dapat masuk seluas-luasnya ke dalam ruangan.

Saya sarankan untuk di iklim tropis ini yang bermandikan cahaya matahari full selama setahun maka buatlah topian diluar kaca besar tadi agar cahaya dapat terhalangi (tidak seluruhnya masuk).

7. Memasukan Unsur Tanaman Ke Dalam Ruangan

dekorasi scandinavian
ig : @blogsachi

Suasana yang dibentuk oleh warna monokrom dan dingin adalah keheningan dan kekurangdinamisan. Hal ini bisa diimbangi dengan kehadiran elemen tanaman yang akan memberikan nuansa akif. Anda bisa menaruh pot tanaman pada sudut ruangan atau vas bunga di meja dan tanaman kecil pada rak-rak tanaman yang menempel di dinding.

8. Pemilihan Aksesoris Tambahan

Bagi Anda yang masih bingung untuk mendekorasi ruangan yang masih terasa monoton, Anda bisa menaruh beberapa ornamen dan hiasan lainnya pada sisi dinding hunian agar terlihat lebih menarik.

Letakkan lampu tambahan pada sudut ruangan agar memberikan kesan unik dan menguatkan konsep rumah Scandinavian pada hunian.

Baca Juga : 17 Tips Membuat Rumah Kecil Terasa Jauh Lebih Luas

Tips Dan Cara Desain Dekorasi Rumah Bergaya Scandinavian

Salah satu ciri khas dari desain interior rumah Scandinavian adalah penggunaan kayu di berbagai macam dekorasi dan juga di beberapa bagian rumah. Anda bisa menjumpai dekorasi atau bagian tersebut mulai dari lantai, meja makan, meja tamu, dan bahkan pada langit-langit.

Namun Anda perlu memperhatikan soal penggunaan warna pada dinding. Saya sarankan untuk memilih abu-abu muda atau warna putih. Nah, di bawah ini saya mencoba melampirkan beberapa poin yang berhubungan dengan dekorasi rumah Scandinavian, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan kamar tidur.

1. Ruang Tamu

• Kesan naturalis yang segar

interior rumah scandinavian
ig : @blogsachi

Untuk ruang tamu Scandinavian Anda tidak perlu menggunakan barang-barang yang mewah. Cukup dengan furnitur dari bahan kayu yang di finishing coating clear sehingga warna dan serat asli kayu masih terlihat. Anda dapat menghadirkan ruang tamu yang sederhana dan hangat.
Kemudian Anda dapat menambahkan dekorasi berupa tanaman hias dan beberapa pepohonan pada sudut ruang tamu untuk menciptakan suasana yang cozy dan asri. Biasanya tamu menjadi lebih santai mengobrol dengan Anda karena saking nyamannya dekorasi ruang tamu yang dihadirkan.

• Selalu bersih !

Dampak positif yang didapat dengan menggunakan gaya rumah Scandinavian ini adalah kesan bersih dan rapi yang didapat dari motif yang sengaja di minimalkan agar tidak terlihat penuh dan berantakan terutama pada ruang tamu. Sangat disayangkan bukan, kalau tampilan “etalase” rumah kurang sedap dipandang oleh tamu yang datang.

2. Ruang Keluarga

• Gunakan cat tembok putih

 

dekorasi interior scandinavian
ig : @blogsachi

Ruang keluarga merupakan area berkumpulnya semua anggota keluarga maka dari itu sangat diperlukan kesan luas dan nyaman pada ruangan ini.

Agar ruangan terlihat lebih luas Anda dapat mengaplikasikan cat tembok berwarna putih atau warna netral lainnya agar gaya rumah Scandinavian pada ruangan ini lebih terasa.
Untuk menambah kesan alami Anda dapat menempatkan beberapa tanaman hias di sudut-sudut ruangan yang kosong agar ruangan Anda menjadi lebih segar dan nyaman.

• Bukaan dengan kaca yang lebar

Supaya ruang keluarga tidak terkesan monoton, Anda bisa mengaplikasikan beberapa kaca-kaca besar untuk menggantikan pagar atau tembok pada ruangan. Anda bisa tetap dengan leluasa melihat keadaan luar rumah saat mengobrol hangat bersama anggota keluarga lainnya.

Meski sedang berada di dalam rumah Anda masih bisa menikmati pemandangan tanaman hias di halaman depan atau belakang rumah, asyik bukan? Cahaya matahari yang masuk akan membuat rumah menjadi sehat dan penghematan energi dapat terjadi dengan adanya pencahayaan alami. Selain itu sinar matahari alami baik untuk kesehatan tubuh Anda.

3. Kamar Tidur

• Kesan Chic yang Manis

kamar skandinavia
ig : @blogsachi

Scandinavian Chic, ternyata kamar scandinavian juga sangat cocok dipadukan dengan dekorasi masa kini. Agar impian kamar Scandinavian yang Anda idam-idamkan dapat segera terwujud, selain warna putih, khusus untuk area di dalam hunian Anda bisa mencoba menggunakan kombinasi warna abu-abu dan biru muda pada dinding agar memunculkan kesan chic pada ruangan.

Tambahkan beberapa furnitur unik lainnya untuk mengisi kamar tidur seperti tirai lucu berwarna pink, lengkap dengan bantal-bantal dan boneka imut, ranjang kayu yang berbentuk rumah yang dapat dikreasikan bentuknya sewaktu-waktu. Hmmm, menarik sekali bukan?

Baca Juga : Panduan Lengkap Dekorasi Rumah Gaya Industrialis

4. Dapur

• Dekorasi artistik

dapur scandinavian
ig : @blogsachi

Dapur sering kali dipergunakan hanya sebagai tempat untuk mempersiapkan sajian hidangan bagi seluruh penghuni rumah. Sehingga dianggap sebagai ruang yang tak mememerlukan dekorasi. Namun tidak ada salahnya untuk mendekorasi ulang agar dapur tampil lebih ceria dan estetis. Back panel kitchen set dengan tekstur bataekspos yang dicat putih bisa menguatkan konsep skandinavia. Gantungan perabotan dapur yang terbuka dan berwarna hitam bisa menjadi aksen di area kitchen set Anda.

• Memilih furnitur dari unsur kayu

Gaya rumah yang menggunakan desain Scandinavian acapkali mengadopsi keindahan alam ke dalam rumah. Makanya, saya menyarankan Anda agar membeli perabotan untuk dapur yang terlihat unik tapi sederhana dan memperbanyak ornamen serta unsur kayu ke dalam dapur.

Demi memperkuat kesan Scandinavian silakan memilih kayu yang coating warna, melainkan furnish. Sehingga elemen kayunya masih tampak serat-seratnya dan masih cukup raw dengan perpaduan warna abu-abu atau biru muda atau krem muda.

• Penggunaan furnitur yang ramping

dapur gaya scandinavian
ig : @blogsachi

Furnitur pada desain Scandinavian amat cocok dengan interior bergaya urban. Anda bisa memilih furnitur yang memiliki desain sederhana untuk ditempatkan pada dapur. Meski tampak minimalis, jangan salah, karena furnitur gaya ini akan tampak lebih estetis.

Nah, demikianlah ulasan saya tentang desain rumah minimalis Scandinavian yang barangkali bisa Anda aplikasikan di rumah kesayangan Anda. Meski sederhana, kesan berkelas akan tampak.

Dari ulasan ini, sepertinya tidak terlalu rumit untuk Anda coba kan? Toh, di sekitar tempat tinggal Anda tersedia segala keperluan untuk mendesain rumah bergaya Scandinavian.

Apa lagi saat ini sudah ada jaringan ritel furniture kelas dunia seperti Ikea yang memang mengkhususkan furniture bergaya skandinavia. Atau jaringan ritel Informa dan Ace hardware. Soal harga, saya kira tidak terlalu berlebihan…. Salam Rumah Asri

Sumber gambar instagram : @blogsachi sila langsung follow akun @blogsachi

Gambar Gravatar
Saya adalah seorang ex kontraktor yang beralih menjadi penulis desain rumah untuk menyalurkan hobi dan passionnya di bidang desain dan dekorasi rumah juga untuk menyebarkan informasi dari seluruh penjuru tentang perkembangan terkini dunia desain dan dekorasi rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *