Gambar Teras Belakang Multi Fungsi
Teras Multi Fungsi

7 Panduan dan Contoh Desain Teras Rumah Terkini

Diposting pada

Halo Mas bro… oke kali ini saya akan sharing tentang teras rumah. Teras rumah merupakan bagian dari rumah yang menjadi ruang peralihan dari carport menuju ruang tamu. Teras rumah ini bersifat terbuka karena hanya dibatasi dinding ruang tamu sedangkan pada sisi carport atau jalan masuk biasanya terbuka tidak berdinding. Pada bagian atas teras biasanya masih ditutupi atap. Atap ini bisa topian dari bangunan utama atau atap tersendiri pada ruang teras. Sehingga teras masih terlindungi dari hujan dan sinar matahari.

Secara pembagian zonasi teras rumah masuk ke dalam zona publik yang berbatasan dengan zona privat, Jadi teras berfungsi menyaring dan menghubungkan pengunjung yang akan masuk ke dalam rumah. Apakah tamu tersebut cukup ditemui di teras atau masuk ke dalam ruang tamu. Di ruang antara ini biasanya Anda dan tamu akan melepaskan alas kaki dan menyimpannya di wadah penyimpanan sepatu.

foto teras rumah
gambar teras rumah by delution

TERAS DEPAN

Secara fungsional teras rumah biasanya dipakai untuk menikmati ruang luar dan bersantai dengan kondisi tetap terlindungi. Jadi mba sis bisa menikmati teh hangat sambil baca majalah merasakan suasana sore hari yang syahdu di teras rumah setelah pulang dari kegiatan rutin yang melelahkan. Atau mas bro sebelum berangkat kerja bisa meminum secangkir kopi sambil mendengarkan bunyi burung atau ayam peliharaan di teras rumah. Penak toh… hehehe..

Fungsi teras rumah selanjutnya adalah sebagai tempat penerimaan tamu. Anda dapat menerima tamu secara informal ditempat ini. Untuk yang mempunyai hunian yang belum direnovasi (masih kecil). Teras rumah ini sangat membantu dari efisiensi lahan karena multifungsi, bisa juga dipakai sebagai ruang tamu. Tamu yang keperluannya mendesak atau hanya ingin bertemu beberapa saat saja. bisa diterima di tempat ini. misalnya ada kurir yang ingin mengantarkan pesanan makanan atau tetangga yang ingin menyampaikan undangan.

Namun untuk tamu yang memiliki keperluan khusus atau untuk menyelesaikan urusan yang membutuhkan waktu yang lebih lama dan intensif maka teras digunakan untuk tempat menunggu sementara sebelum masuk ke ruang tamu.

Teras yang memiliki multifungsi tidak hanya sebagai tempat bersantai tetapi juga sebagai tempat menerima tamu maka Anda harus desain lebih teliti. Maksudnya agar tamu yang berkunjung ke rumah Anda tetap merasa dihormati walau diterima di teras. Jadi Anda mengusahakan agar nilai formalitas di teras tetap ada. Misalkan Anda bisa bisa menggunakan meja dan kursi yang formal tetapi tetap sederhana seperti paket kursi meja bambu. Bukan memakai kursi santai. Untuk penempatannya Anda bisa mencoba memposisikan di belakang mendekati dinding ruang tamu.

Gambar Teras Belakang Rumah
Teras Belakang Rumah

TERAS BELAKANG

Mba sis, banyak orang menganggap teras itu hanya di bagian belakang. Dan itu yang banyak diberi perhatian. Padahal ada juga teras di bagian belakang rumah. Nah ini yang jarang mendapatkan perhatian dan pembahasan. Padahal teras bagian belakang rumah itu memiliki fungsi yang spesial. Teras belakang bisa menjadi ruang makan keluarga. Kegiatan makan keluarga termasuk kegiatan privacy yang itu harus dilakukan di ruang tertutup dari pandangan orang lain. Karena itu teras belakang bisa mewadahi aktivitas tersebut. Sedangkan di ters depan tidak bisa.

Nah menariknya kalau anda memiliki halaman belakang yang cukup luas anda bisa membuat taman yang indah di belakang. Kemudian di bagian belakang rumah anda tambahkan teras. Sehingga kegiatan makan di teras belakang menjadi lebih akrab. Sambil menikmati hidangan di atas meja makan, Anda, pasangan dan anak-anak bisa bercengkrama bersama menghirup udara segar, kicauan burung dan melihat pemandangan taman yang meneduhkan mata. Namun jika teras belakang anda tidak begitu luas anda masih bisa menikmati sensai makan di teras belakang dengan menggelar karpet atau tikar duduk lesehan. Menyenangkan bukan… hmmm…

Selain sebagai ruang makan, teras belakang juga bisa difungsikan sebagai ruang keluarga. Anda bisa menambahkan sofa malas, meja pendek dan TV gantung untuk sarana hiburan. Di sini Anda dan keluarga juga bisa berinteraksi dengan lebih santai dan bebas tidak terbatasi dinding sebagaimana di dalam rumah. Namun dikarenakan berada di ruangan semi terbuka maka harus diperhitungkan benar posisi sofa, mebel dan peralatan elektronik lainnya agar tetap awet dari sinar matahari dan aman dari air hujan.

TIPS MENDEKORASI TERAS

Mas Bro saya akan menjelaskan beberapa tips untuk mengoptimalkan keberadaan teras di rumah Anda. Sehingga Anda dapat menikmati teras dengan lebih semangat. Dibawah ini tipsnya :

Desain Teras Rumah
Teras Rumah Kecil

1. Pilihlah furniture yang sederhana

Anda harus ingat bahwa yang akan kita dekorasi adalah teras bukan ruang tamu. Jadi gunakanlah furniture yang simple, sederhana. Karena furniture ini akan sesuai dengan tempatnya. Furniture yang banyak ornamennya akan tidak cocok ditempatkan di teras, malah lebih cocok di ruang tamu. Untuk di teras Anda cukup menempatkan 1 set furniture maximal berisi satu meja dan dua kursi. Jika lebih dari 1 set makan akan membuat teras terasa sempit. Kemudian pertimbangkan juga ukuran furniturenya, jangan terlalu besar dan juga jangan terlalu kecil. Harus ada space untuk sirkulasi dari carport ke ruang tamu.

Foto Teras Depan Rumah
Furniture Teras Tahan Cuaca

2.Pilih furniture dan hiasan yang tahan sinar matahari dan air hujan.

Teras posisinya berada di luar dengan sisi semi terbuka maka tentunya akan mengalami banyak gangguan cuaca. Sinar matahari, air hujan, perubahan cuaca akan membuat kerusakan di furniture dan hiasan teras. Oleh karena itu pilihlah furniture dan hiasan yang tahan cuaca. Minimal lambat kerusakannya. Pilihan jenis material tentu akan menentukan ketahanannya. Jika Anda memilih material kayu pilihlah furniture dari jenis kayu damar laut.

Jika Anda rasa kayu terlalu mahal beralihlah ke material besi, dengan memakai besi tempa maka umur furniture akan lebih lama dibandingkan kayu (walaupun tetap harus ada perawatan tiap tahun misal mengecat ulang). Alternatif material lainnya adalah plastik. Plastik pun sudah banyak yang dibuat mirip dengan rotan. Jadi kesan murahan dari plastik hilang. Anda malah mendapat nuansa modern di teras.

3. Hiasi meja teras

Jangan lupa untuk menambahkan nilai formalitas dari teras adalah dengan menghiasi meja teras. Sehingga tamu merasa lebih diwongke. Anda bisa menghiasi meja dengan menyediakan taplak meja. Kemudian ditambahkan vas kecil dengan bunga dan atau toples berisi makanan ringan yang tahan lama. Insya Allah tamu akan betah.

Gambar Teras Rumah
Teras Depan Rumah

4. Tambahkan bantal pada kursi

Kursi yang anda letakkan di teras lumrahnya tidak senyaman kursi di ruang tamu (sofa). Oleh karena itu Anda dapat memberikan respek kepada tamu dengan dengan menyediakan bantal kursi. Kursi teras yang terbuat dari besi, kayu atau rotan dan plastik biasanya berpermukaan kasar. Dengan dilengkapi bantal kursi sebagai alasnya maka Anda dan tamu akan betah berinteraksi di teras rumah.

5. Hiasi teras dengan ornamen hiasan atau pernak-pernik

Ornamen hiasan bisa anda tempelkan di dinding sekitar teras. Misalnya ornamen nomor dan alamat rumah, atau quotes salam sebelum masuk. Letakkan pada sisi yang bisa dilihat dan dinikmati pada saat tamu duduk di kursi. Sebaiknya Anda memilih ornamen hiasan atau aksesoris yang tidak terlalu mencolok dan mengundang pencuri beraksi. Pilihlah ornamen yang sederhana, tapi cukup menghibur. Karena prinsip penempatan ornamen tambahan ini hanyalah untuk membuat variasi material di teras. Sehingga teras berasa lebih hidup.

Gambar Teras Rumah Modern
Teras Rumah Ranch

6. Hijaukan teras

Anda dapat membuat segar suasana teras dengan menempatkkan beberapa pot Tanaman perdu di pojok-pojok teras. Tanaman ini berfungsi sebagai produksi udara segar, penyaring udara kotor dari jalan raya dan peredam suara. Nah banyak kan fungsinya. Anda akan menang banyak kalau menaruh tanaman segar di dalam teras.

7. Rawatlah teras secara rutin

Posisi teras yang berada diluar bangunan utama biasanya mendapatkan perawatan yang kurang. Padahal teras adalah mukanya dari rumah karena itu Anda jangan sampai melupakannya. Menyapu, mengepel setiap hari adalah standar minimal yang harus anda lakukan.Pemeliharaan selanjutnya adalah mengecat lebih sering atau gunakan cat khusus eksterior. Teras yang rutin dirawat dan dibersihkan setiap hari akan senantiasa membuat rumah terlihat rapi.

Besar atau kecil teras yang ada di rumah Anda, cobalah untuk mengoptimalkannya. Maksimalkan fungsi teras tidak hanya sebagai area antara, tempat Anda melepaskan alas kaki dan bersantai. Tetapi lebih jauh, teras pun bisa menjadi tempat yang vital untuk menerima tamu dan bercengkrama denga keluarga. Demikianlah sharing saya kali ini. Semoga bermanfaat…

Gambar Gravatar
Saya adalah seorang ex kontraktor yang beralih menjadi penulis desain rumah untuk menyalurkan hobi dan passionnya di bidang desain dan dekorasi rumah juga untuk menyebarkan informasi dari seluruh penjuru tentang perkembangan terkini dunia desain dan dekorasi rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.