Cat Pagar
Cat Pagar Hitam

5 Warna Cat Pagar Rumah [Cara Dan Tips] Agar Rumah Tampak Cantik

Diposting pada

Ketika memutuskan untuk mendekorasi dan menata tampilan rumah, tidak jarang Anda akan menggelontorkan biaya yang fantastis. Mungkin Anda akan memperkerjakan tenaga profesional, mungkin juga anda akan mengatur semuanya sendiri. Berbicara tentang dekorasi rumah, akan kurang lengkap jika hanya memperhatikan desain interior. Hal detil di bagian eksterior akan sangat menunjang tampilan rumah Anda, seperti misalnya cat pagar rumah.

Pagar rumah
Material Pagar Kombinasi Kayu , Batu dan Beton

Ya, tanpa cat pagar rumah yang tepat, rumah Anda mungkin hanya punya kebun kecil, tidak ada yang spesial. Cat pagar akan menambah warna di bagian luar rumah. Jika memilih warna yang salah, maka bisa menimbulkan kesan kurang cocok dan tampak kurang menarik.

Untuk itulah sangat penting menambah wawasan terlebih dahulu tentang apa saja jenis cat pagar rumah, apakah cat tersebut sudah cocok dengan material pagar rumah anda dan apakah cat tersebut bisa menimbulkan kesan yang sesuai dengan keinginan Anda.

Baca Juga : Jenis Cat Pagar Besi dan Kayu

Memilih Cat Pagar Rumah Berdasarkan Material Dan Tips Mengecat Yang Benar

Nah, bagaimana agar anda bisa menemukan cat pagar yang sesuai dengan materialnya agar tahan lama dan tidak mengelupas? Berikut informasinya.

Pagar Kayu

Pagar kayu di rumah
Pagar kayu

Memiliki pagar kayu membutuhkan Anda untuk berpikir ekstra bagaimana agar kondisi cuaca, paparan sinar matahari, hujan, kelembaban dan suhu tidak membuat pagar kayu rumah anda rusak dan tidak tahan lama. Ketika memilih pagar rumah dari kayu, sudah pasti perawatan esktra yang tepat dibutuhkan. Selain itu, pagar kayu memiliki zat tannin serta elemen natural lainnya, sehigga kurang cocok dengan cat yang biasa.

Jika setelah mengecat dan pagar kayu rumah Anda tampak tua atau pudar terlalu cepat, itu artinya anda sudah memilih warna cat pagar yang tidak tepat.
Untuk merawat pagar kayu rumah, pilihlah cat pagar yang mengandung lapisan acrylic latex dengan kualitas tinggi. Warna cat pagar dengan kandungan acrylic latex akan melindungi kayu dari kelembaban yang disebabkan oleh percikan air dan hujan.

Selain itu, warna cat dengan acrylic latex bisa lebih fleksibel. Sehingga, sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin cat yang dapat melindungi pagar kayu dari cuaca yang terus berubah dan panas matahari. Cat yang mengandung acrylic latex juga lebih tahan lama, lebih awet, tidak gampang pudar dan tidak mudah mengelupas dibanding dengan cat pagar rumah berbahan minyak.

Cara mengecat pagar kayu:

Selain cat kayu khusus, Anda harus memilih cat water based, menggunakan pelapis atau juga obat untuk melindungi pagar kayu.

Kemudian, sebelum memoles cat, Anda harus menggunakan lapisan anti rayap.

Besi

Pagar Besi
Pagar Besi di rumah

Saat ini, pagar besi adalah jenis pagar kekinian, sangat modern dan dipilih banyak orang karena sangat kuat, harga terjangkau serta ditawarkan oleh banyak toko bangunan. Salah satu masalah umum pagar besi adalah mudah berkarat. Itulah mengapa, Anda harus mencari warna cat pagar yang dapat memberikan perlindungan secara optimal.

Karena tersedianya berbagai pilihan yang ada di pasaran dengan harga yang bervariasi, maka Anda harus bisa memilih cat pagar besi yang tahan terhadap berbagai cuaca. Misalnya, Anda bisa mencoba jenis alkyd sintetik. Cat jenis ini mudah sekali kering dengan bahan titanium dioksida.

Banyak desainer merekomendasikan cat tersebut karena sifatnya yang tidak gampang menguap ketika terkena panas dan terik matahari. Selain itu, ada pula warna cat pagar rumah dengan bahan dasar minyak serta cat duco. Keduanya dikombinasikan untuk hasil lebih efektif yaitu tampak berkilau, sempurna dan tahan lama.

Cara mengecat pagar besi:

Mengecat pagar besi
Pagar Besi Rumah

Pertama, pastikan bahwa karat sudah digosok dan dibersihkan.

Kedua, bersihkan pula area pagar dengan supaya cat bisa melekat. Pilih cat primer sebagai cat dasar dan biarkan kering.

ketiga, Jika sudah kering, lapisi dengan cat besi, biarkan lagi sampai kering. Lapisi lagi untuk membuat lapisan kedua.

Untuk permukaan yang kurang rata, gunakan dempul. Tunggu kering dan amplas kembali sebelum mengaplikasikan cat alkasi sebagai cat dasar.

Cat pagar kembali dengan warna cat pagar besi terbaru, campur cat dengan thinner, lakukan finishing dan selesai.

Beton

Pagar Rumah
Kombinasi Pagar Beton dan Besi

Bagaimana jika material pagar rumah Anda adalah beton atau konkrit? Apa contoh warna cat pagar rumah dari beton yang bagus? Memang, material ini dulunya digunakan sebagai material dinding. Tapi, seiring berjalannya waktu dan inovasi, tidak sedikit pula rumah yang berpagar beton atau konkrit karena sangat tebal dan begitu kokoh.

Nah, agar pagar rumah tampak menarik, Anda harus mencari cara agar beton atau konkrit tersebut tampak tidak monoton. Misalnya saja, warna cat pagar rumah minimalis untuk pagar beton bisa dengan menggunakan cat berbahan akrilik. Cat ini sangat cocok terutama jika pagar beton tersebut memiliki permukaan yang bagus.

Dalam memilih cat akrilik, pastikan bahwa cat tersebut memiliki kualitas tinggi, meskipun harganya mungkin kebih mahal.

Cara mengecat pagar beton:

Pagar Beton Rumah Modern
Pagar Beton dan Besi

Jika pagar beton rumah Anda sebelumnya sudah dicat, anda bisa menggunakan primer anti noda.

Hal ini sangat membantu agar warna cat pada pagar rumah lebih rata.

Sedangkan untuk lapisan terluar, gunakan cat pagar dengan tipe acrylic latex untuk finishing-nya.

Bambu

Pagar bambu memberikan kesan yang alami, indah, asri, dan enak dilihat. Untuk rumah dengan tema hijau, pagar bambu adalah pilihan yang ideal. Selain itu, pagar bambu tidak butuh diberikan tambahan warna cat, sebab ketika menua maka akan menciptakan tampilan yang elegan dan istimewa karena lapisan luarnya yang tampak memutih.

Sayangnya, pagar bambu akan tampak kurang cantik jika anda tidak melapisinya dengan warna yang tepat. Pasalnya, pagar bambu bisa membusuk karena masalah kelembaban udara. Itulah mengappa dibutuhkan cat pagar rumah seperti cat sealant atau waterproof sehigga dapat melindungi bambu secara maksimal.

Kemudian, memutuskan menggunakan pagar bambu karena lebih ekonomis tentu memberikan Anda nilai tersendiri dalam perawatannya. Sebab, jika memilih pagar bambu, Anda harus sering mengecat ulang dengan cat berkualitas tinggi satu tahun atau dua tahun sekali.

Cara mengecat pagar bambu:

Sebelum mengecat, campurkan anti serangga dalam air dengan rasio 1:300.

Rendam bambu yang akan dicat dalam air tersebut selama 2 jam, angkat bambu dan biarkan kering.

Kemudian, lakukan finishing dengan cat pagar bambu yang ramah lingkungan.

Batu Bata

Jika melihat rumah dengan pagar batu bata, maka akan tampak indah dan unik. Kesannya yang original juga menjadi tambahan tersendiri. Bahkan, pagar batu bata adalah pilihan tepat untuk para pemilik rumah yang tidak ingin mengecat pagar rumah. Pagar rumah batu bata tanpa dicat akan tampak lebih natural dan asli.

Tidak sedikit orang memilih mengecat pagar batu bata. Jika Anda termasuk salah satunya, maka pastikan bahwa semua batu bata tersebut dalam kondisi yang tidak cacat, seperti pecah atau kasar. Hal ini penting, sebab jika anda mengecat pagar batu bata yang tidak sempurna, maka resapan air akan masuk kedalamnya, sehingga pagar malah menjadi cepat rusak.

Cara mengecat pagar batu bata:

Untuk memulai mengecat pagar rumah batu bata, anda harus menggunakan cat primer sebagai cat dasar dengan bahan acrylic latex. Kemudian, kondisi batu bata juga harus dalam keadaan kering sempurna. Selama mengecat, pastikan juga bahwa cuaca sedang mendukung sehingga cat cepat kering.

Aluminium

Pernah liat rumah dengan pagar bermaterial aluminium? Memang pada pagar aluminium tidak membutuhkan warna cat pagar minimalis. Hal ini dikarenakan pagar aluminium dibuat dengan lapisan khusus selama diproduksi. Seperti misalnya, penambahan bubuk coating untuk membuat pagar jadi lebih tahan lama dan mencegah korosi. Dengan demikian, tanpa dicat pagar tetap terlindungi dari karat dan pengelupasan.

Cara mengecat pagar aluminium:

Jika Anda bosan dengan tampilannya yang begitu-begitu saja, warna cat pagar rumah bisa dicoba untuk pagar aluminium. Pastikan memilih warna primer dengan kualitas tinggi. Untuk jenis catnya, Anda bisa menggunakan warna cat pagar besi terbaru seperti cat epoxy dengan bahan dasar minyak dan cat duco.

Lihat Juga : 7 panduan dan Contoh Desain Teras Rumah 

Cara Memilih Warna Cat Pagar Rumah

Pemilihan warna cat pada pagar rumah tergantung kepada beberapa hal, yaitu :

1.Warna dinding eksterior rumah

Pilihan warna yang dihadirkan untuk pagar rumah biasanya juga tergantung kepada warna dinding eksterior yang eksisting. Pilihannya bisa kombinasi komplementer, kombinasi harmoni atau warna netral.

Kombinasi komplementer, secara teori pemilihan warna komplementer adalah memilih warna yang bersebrangan dalam color wheel walaupun tidak harus seperti ini juga. Misalkan warna dinding eksterior krem maka Anda bisa memilih warna pagar biru atau merah.

Kombinasi harmoni adalah memilih warna yang berdampingan dalam color wheel. Misalkan warna dinding eksterior krem maka Anda bisa memilih warna pagar kuning atau coklat.

2. Warna netral

Jika Anda kesulitan menentukan warna pagar a[pakah kombinasi harmoni atau komplementer maka Anda bisa memakai warna netral, seperti putih, hitam, silver atau abu-abu. Warna- warna ini semuanya hampir bisa dipadupadankan dengan warna apa saja.

Warna Cat Pagar Rumah Dan Kesan Yang Dibuatnya

Putih – Bersih Dan Sederhana

Warna putih pada pagar memberikan kesan yang bersih dan sederhana. Pagar rumah putih tampak menarik. Warna putih juga sangat cocok untuk pagar rumah dengan gaya tropical di bagian eksterior.

Hitam – Mudah Menyatu

Cat Pagar
Cat Pagar Hitam

Hitam menjadi pilihan populer untuk warna cat pagar rumah minimalis. Warna tersebut tampak menyatu dengan detail yang ada di eksterior rumah, seperti air mancur, patung, atau juga tanaman. Jika dinding luar rumah tampak begitu berwarna, maka hitam bisa digunakan untuk menghindari tampilan yang ramai dan penuh.
Biasanya, warna hitam sering dipilih karena sangat cantik pada kombinasi warna cat pagar besi. Misalnya, hitam seringkali dikombinasikan dengan emas dan elemen kayu.

Silver – Futuristik

Pagar besi dengan warna silver biasanya dibuat dari bahan stainless steel. Namun demikian, anda bisa menggunakannya untuk cat pagar rumah jika ingin membuat eksterior rumah tampak futuristik. Untuk menggunakan warna silver, sebaiknya anda kombinasikan dengan warna yang terang jika ingin mencoba kombinasi warna cat pagar besi.

Emas – Mewah Dan Glamor

Contoh warna cat pagar rumah yang menciptakan kesan mewah adalah emas. Biasanya, warna emas seringkali digunakan untuk pagar rumah yang dilengkapi dengan dekorasi seperti motif bunga atau lainnya.

Perunggu – Klasik Dan Elegan

Selain perak dan emas, perunggu juga sering digunakan sebagai alternatif untuk menciptakan kesan glamor pada pagar rumah. Akan tetapi, memilih warna ini harus sesuai dengan desain pagarnya, sehingga bisa menciptakan gaya klasik dan elegan.

Warna Lainnya

Cat Pagar
Cat Pagar Abu-Abu

Sebaiknya pilih warna abu-abu atau biru jika ingin mencari cat pagar rumah minimalis agar terkesan modern. Memilih warna merah bata akan menambahkan kesan hangat di area rumah.
Nah, itulah beberapa warna cat pagar besi terbaru. Jika ingin tampak lebih asri, maka Anda bisa mencoba memilih cat warna hijau. Salam Rumah Asri

Gambar Gravatar
Saya adalah seorang ex kontraktor yang beralih menjadi penulis desain rumah untuk menyalurkan hobi dan passionnya di bidang desain dan dekorasi rumah juga untuk menyebarkan informasi dari seluruh penjuru tentang perkembangan terkini dunia desain dan dekorasi rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *