16 Rahasia Membuat Rumah Kecil Terasa Lebih Luas [Tips Sederhana Tapi Efektif]

Diposting pada
rumah kecil terasa luas
ruang tamu terasa luas

Agar Rumah Kecil Terasa Lebih Luas

Pertumbuhan sebuah kota yang pesat membuat harga tanah semakin mahal dan langka. Pertambahan jumlah penduduk juga membuat persaingan kepemilikan tanah semakin sengit terutama di perkotaan. Hal ini menyebabkan harga tanah semakin mahal. Kepemilikan tanah per jumlah penduduk pun semakin mengecil.

Saat ini mayoritas pekerja menengah ke bawah membeli atau membangun rumah kecil yang sesuai dengan isi kantong. Bahkan ada yang belum bisa memiliki rumah sendiri tapi baru bisa menyewa rumah. Nah, jika Anda saat ini sudah bekerja dan akan membeli rumah Anda patut mempertimbangkan membeli rumah kecil terlebih dahulu jika memilih bertempat tinggal di kota. Tidak ada salahnya membeli atau membangun rumah kecil minimalis.

Anda yang baru menginjak masa berkeluarga (keluarga muda) atau memilih bertempat tinggal sendiri, mempunyai rumah dengan luasan kecil tentu tak akan menjadi masalah. Walaupun dengan kapasitas ruangan yang terbatas, rumah sederhana bisa Anda ubah seolah tampak besar dan mewah asal Anda cermat dan tahu bagaimana cara mendesain interior rumah kecil dengan tepat.

Nah, Artikel ini berusaha untuk menjawab permasalahan tentang rumah kecil. Saya memiliki 16 tips memaksimalkan ruang dan lahan di rumah kecil agar dapat terlihat lebih luas dan tidak kaku. Yuk, intip cara menata rumah minimalis.

Panduan Membuat Ruangan Jadi Lebih Luas

Cara mendesain rumah minimalis dimulai dengan mengukur dan menyesuaikan konsep yang akan Anda tampilkan di dalam rumah. Di bawah ini saya tuliskan 10 tips dekorasi untuk merubah persepsi visual ruangan sehingga ruangan sempit akan tampak lebih besar.

1. Warna Cerah Untuk Dinding

Warna cat rumah yang cerah akan membuat ruangan kecil memiliki kesan lebih luas dan lapang. Hal ini dikarenakan sifat warna cerah yang membuat efek besar terhadap barang yang diselimutinya. Seperti halnya orang kurus akan telihat lebih gemuk ketika memakai baju warna putih. Sudah banyak arsitek dan desain interior memberi rekomendasi cat warna terang untuk rumah atau ruangan yang kecil. Warna cerah yang direkomendasikan diantaranya adalah putih dengan turunannya seperti white off, krem, dan warna muda.

2. Berikan Space Pada Furnitur Yang Mepet ke Dinding

Sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian masyarakat untuk meletakkan furnitur ke pojok ruangan. Memindahkan furnitur ke dinding rumah dipercaya sebagai cara untuk memberikan ruang lapang bagi ruangan kecil. Pemikiran ini sebenarnya tidak 100 persen benar.

Kalau Anda memiliki sofa di ruang tamu yang kecil, silahkan geser sedikit dari dinding. Sediakan sedikit celah untuk “bernapas“. Saat cahaya matahari masuk ke dalam ruangan atau malam hari saat lampu dihidupkan akan menimbulkan bayangan dari sofa tersebut. Shading inilah yang akan membuat persepsi ruangan lebih besar di dalam rumah kecil.

3. Manfaatkan Cermin di Dinding Rumah

Saat waktu lengang, silakan berkunjung ke rumah makan atau toko dengan ruangan yang sempit. Perhatikan sekeliling dinding ruangan tersebut, maka Anda akan melihat cermin yang terpasang untuk menciptakan kesan ruangan yang besar. Trik cermin ini bisa Anda aplikasikan ke dalam rumah.

Anda bisa tempatkan cermin di dinding ruang tamu diatas meja konsol atau di dinding ruang keluarga pada sisi yang kecil. Bayangan didalam cermin ini akan menerus dan membuat ruangan tidak terbatas. Selain itu cermin juga akan dimanfaatkan tamu atau anggota keluarga untuk melihat penampilannya apakah sudah rapi atau belum.

4. Memilih Furnitur Multifungsi

Nah, cara ini terbilang efektif jika Anda gunakan pada rumah kecil. Meletakkan lemari kecil dan meja di ruang sempit di rumah menyebabkan ruangan terasa sesak dan penuh. Anda bisa memilih untuk menggunakan meja berlaci atau kabinet multi fungsi yang bisa Anda fungsikan sebagai lemari bersama.

Begitu juga dengan pemilihan furnitur di kamar, silakan memilih tempat tidur yang memiliki laci di kolongnya. Laci ini lumayan menghemat tempat, Anda bisa fungsikan sebagai lemari penyimpanan.

5. Menggunakan Karpet Bermotif Kecil dan Berpola

Rumah kecil boleh koq untuk menggunakan karpet di ruangannya. Anda boleh memasang karpet di bawah meja ruang tamu atau depan TV di ruang keluarga. Tetapi sebelum berbelanja karpet pilihlah karpet yang bermotif pola kecil dan jangan memilih karpet yang bermotif besar.

Karpet yang menggunakan pola kecil dan berulang akan memberikan kesan tampak lebih luas. Karena skup pandangan mata Anda terhadap karpet akan lebih kecil dan ruangan akan terlihat lebih besar. Hal ini sama halnya dengan cara pemilihan warna cat pada dinding yang akan memicu ilusi mata.

6. Memanfaatkan Dinding Untuk TV dan Perlengkapannya

Kalau luasan ruang keluarga di rumah Anda sempit, Anda bisa siasati dengan meletakkan beberapa alat elektronik di dinding. Anda bisa menggantung televisi di dinding, lalu letakkan pemutar VCD, konsol game, dan bisa juga speaker di dinding untuk memberikan ruang terbuka bagi lantai.

Sehingga yang seharusnya di ruang keluarga ada meja tv yang lebar, sekarang cukup dengan meja tv yang sempit (meja konsol kecil) atau bahkan tidak perlu memakai meja lagi. Hal ini akan membuat lantai terasa lebih luas.

7. Memilih Lantai Yang Berpola Strip

Jika Anda mengenakan pola strip atau garis-garis vertikal pada dinding akan membuat ruangan tampak lebih tinggi. Sedangkan jika memakai pola horizontal akan membuat ruangan tampak lebih lebar. Hal ini adalah sebuah ilusi mata.

Anda juga dapat mengenakan pola strip ini di lantai rumah Anda. Kalau rumah Anda memiliki ruangan yang kecil silakan mengaplikasikan karpet atau cat lantai atau keramik strip pada lantainya. Aplikasikan motif stripnya sejajar dengan dinding yang paling pendek. Pola ini akan memberikan kesan ruang lebih panjang.

8. Menggunakan Jendela Besar

Anda bisa menambahkan jendela yang besar dan tinggi. Jendela ini bisa Anda bagi menjadi beberapa jendela kecil tapi tetap dalam satu rangkaian. Anda bisa mengkombinasikan antara jendela hidup dan kaca mati. Agar seimbang proporsi bentuk di ruangan. Selain berfungsi sebagai sember pencahayaan juga sebgaia void sirkulasi udara.

Memilih jendela besar dapat menambah intensitas pencahayaan matahari yang masuk ke ruangan. Hal ini akan menambah pencahayaan alami dan membuat ruangan lebih luas, terang, dan terbuka.

9. Menghilangkan Pintu Antar Ruangan Menjadi Konsep Open Space

Yang saya maksud pintu pada poin ini bukan pintu utama di rumah yang menghubungkan teras dengan area dalam rumah, melainkan pintu pemisah antar satu ruang dengan ruang lainnya. Kalau di ruang keluarga dan ruang makan Anda pisah dengan pintu, saya menyarankan untuk melepas pintu dan menggabungkan ruangan menjadi satu (konsep openspace).

Seandainya memang masih mebutuhkan penghalang ruangan Anda bisa menggunakan partisi/sekat ruangan yang bisa dipindah-pindah bukan yang permanen. Hal ini akan meluaskan pandangan Anda di dalam ruangan. Karena pandangan tidak terbatasi oleh dinding ruangan tetapi menerus sampai ke dinding pembatas rumah.

10. Menghias Plafon Menggunakan Stiker atau Wall Art

Menghias plafon membuat mata Anda akan terarahkan melihat ke arah atas dan menciptakan ilusi ruang virtual yang tampak tinggi, sehingga rumah Anda akan tampak lebih luas. Cara ini tidak berbeda dengan poin-poin di atas yang menciptakan ilusi ruang vertikal.
Furnitur Rumah Minimalis

Kini berganti ke cara memilih perabot rumah minimalis agar ruangan di rumah Anda tidak tampak sempit. Tips dari saya adalah memilih furnitur yang ringan agar Anda bisa lebih mudah memindahkan atau mengatur ulang posisi furnitur saat ingin mengganti suasana ruangan.

Nah, berikut ini saya tuliskan tips memilih furnitur untuk rumah Anda yang minimalis. Yuk disimak..

11.Pilih Sofa Dan Kursi Yang Kecil Dan Ramping

Memilih furnitur dengan desain ramping akan membantu menghemat space ruangan. Furnitur yang ramping akan menyisakan ruang yang cukup lumayan. Yang akan membuat ruangan rumah terlihat lebih luas. Ruang ini juga dapat Anda tempatkan barang lainnya, seperti meja atau rak hias.

12.Pilihlah Meja Yang Ada Lacinya

Jangan lupa ketika memilih meja utama atau meja hias pilihlah meja yang mempunyai kabinet atau laci di bagian bawah. Hal ini akan memudahkan Anda untuk meletakkan sejumlah barang, sehingga Anda tidak perlu lagi membeli rak atau lemari kecil.

13. Optimalkan Rak Dinding

Daripada memilih buffet atau lemari, prioritaskan untuk menggunakan rak dinding terlebih dahulu. Rak dinding ini bisa untuk meletakkan hiasan, buku-buku, atau pajangan sehingga Anda bisa menghemat space ruangan.

14. Buat Opsi Memakai Meja Lipat

Meja lipat bisa Anda pilih sebagai alternatif meja biasa atau meja statis yang akan memakan banyak luas ruangan. Meja lipat ini dapat Anda lipat dan simpan menempel pada dinding saat Anda tidak gunakan.

15. Pilihlah Rak Yang Mobile (memiliki roda bisa dipindah-pindah)

Rak tiga tingkat dengan roda di bawah dapat Anda jadikan pilihan sebagai perabot rumah. Anda dapat menempatkan Rak berroda ini di dapur atau ruang keluarga.

16.Pilihlah Ranjang ukuran Queen Size.

Pilihan ranjang Queen Size dapat menghemat tempat. Queen size dengan ukuran 160-180 x 200cm dapat menghemat tempat dibandingkan ukuran king size 200-220cm x 200cm. Ranjang besar akan membutuhkan kamar tidur yang besar juga dan sebaliknya. Jadi pilihlah tempat tidur yang lebih kecil, queen size.

Demikianlah informasi yang bisa saya berikan tentang cara mendesain rumah minimalis agar tampak lebih luas dan lapang. Semoga bermanfaat… Terima kasih.

Gambar Gravatar
Saya adalah seorang ex kontraktor yang beralih menjadi penulis desain rumah untuk menyalurkan hobi dan passionnya di bidang desain dan dekorasi rumah juga untuk menyebarkan informasi dari seluruh penjuru tentang perkembangan terkini dunia desain dan dekorasi rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *